Berita

Syariah dan Hukum

Thursday, 7 July 2022

Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Kewirausahaan: Laboratorium FSH Gandeng BNSP

Senin, 27 Juni 2022 Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum-UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Kewirausahaan. Kegiatan yang diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) orang mahasiswa ini bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Selain itu, pelatihan juga akan diisi secara langsung oleh Drs. EC. Ruli Kusumahadi. Beliau merupakan Konsultan Klinik KUMKM di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur.

Sejatinya pelatihan dan sertifikasi ini dilaksanakan dalam 5 (lima) hari, namun karena keterbatasan waktu maka kami singkat menjadi 2 (dua) hari. Hari pertama mahasiswa kami berikan materi dan mempersiapkan berkas administrasi berupa pelatihan dan hari kedua langsung ujian sertifikasi oleh BNSP”, papar Nur Lailatul Musyafa’ah selaku Ketua Laboratorium Fakultas Syariah dan Hukum-UIN Sunan Ampel Surabaya.

Pada dasarnya kegiatan pelatihan dan sertifikasi ini bertujuan untuk memberikan apresiasi serta legalisasi bagi para mahasiswa yang telah memiliki suatu usaha. Maka hampir sebagian besar peserta yang mengikuti pelatihan ini sudah memiliki usaha yang telah berjalan. Namun, Nur Lailatul Musyafa’ah juga tidak menampik bahwa ada beberapa mahasiswa yang tidak dan/atau belum memiliki usaha sehingga harus menggunakan usaha orang tuanya untuk ujian sertfikasi.

Selain itu, mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini juga mendapatkan beberapa fasilitas, diantaranya ialah Modul Materi Pelatihan, Sertifikat Pelatihan, Snack, Makan Siang, Air Mineral dan Sertifikat Kompetensi dari BNSP (Bagi peserta yang dinyatakan lulus dalam ujian sertifikasi).

Sholeh