Berita

SAMBUT SEMESTER GENAP, FDK UINSA SELENGGARAKAN RAPAT KOORDINASI DOSEN

FDK UINSA Newsroom, Rabu (15/2/2023); Menyambut perkuliahan semester genap tahun akademik 2022/2023, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel (FDK UINSA) menyelenggarakan rapat dosen pada Rabu (15/2). Bertempat di Ruang Sidang FDK UINSA, acara ini diikuti oleh jajaran pimpinan fakultas dan para dosen tetap yang mengajar di FDK UINSA. Rapat tersebut diagendakan untuk evaluasi proses perkuliahan serta penyampaian agenda FDK UINSA selama satu tahun ke depan.

Pada agenda rapat tersebut, Dr. Moh. Ansori, M.Fil.I selaku Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena telah menyelesaikan proses perkuliahan semester gasal tahun akademik 2022/2023.

Selain itu, Dr. Moh. Ansori, M.Fil.I juga menyampaikan evaluasi  perkuliahan hasil monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh Gugus Kendali Mutu (GKM) FDK UINSA. Ke depan, proses evaluasi perkuliahan akan dilakukan mebih terstruktur.

“Penjaminan mutu untuk proses perkuliahan akan dilakukan secara lebih terstruktur oleh jurusan/GKM di bawah koordinasi Lembaga Penjaminan Mutu, meliputi: penyiapan, perencanaan perkuliahan/ RPS (awal), proses dan monitoring perkuliahan (pertengahan) dan evaluasi perkuliahan (akhir),” terangnya.

Status akreditasi program studi yang ada di FDK UINSA juga disampaikan pada forum tersebut. Dijelaskan bahwa status submit akreditasi prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah (MD), dan Ilmu Komunikasi (Ilkom) telah diterima dan harus menyiapkan dokumen sambil menunggu jadwal asesmen lapangan. Sementara prodi Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) yang telah mendapatkan akreditasi otomatis akan dilakukan proses reakreditasi 2 tahun yang akan datang dengan penyiapan dokumen mulai dari sekarang agar lebih maksimal.

“Selain akreditasi BAN PT, kita juga dalam proses menyiapkan akreditasi internasional untuk prodi Ilkom. Dukungan dari seluruh civitas akademika, alumni dan partner FDK sangat dibutuhkan untuk kesuksesan akreditasi sehingga semua prodi FDK bisa menjadi unggul dan akreditasi internasional mendapatkan hasil terbaik,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan AK juga menjelaskan tentang beberapa program yang akan dilaksanakan pada tahun ini, di antaranya dua internasional conference, International Student Resident Program (ISRP), dan International Student Mobility Program (ISMP).

Selain itu, dijelaskan pula tentang inisiasi tridharma melalui university communit engagement dalam program Kampung Mandiri Bergerak di RW 02 Kelurahan Gunung Sari Surabaya serta laboratorium FDK yang akan diproyeksikan menjadi Laboratorium Dakwah Terpadu (LDK) yang bertujuan sebagai lembaga pengembangan, penguatan proses-proses tri dharma, dan lembaga pelatihan juga pengembangan. (Angelica)