Berita

REKTOR TEGASKAN KESIAPAN UINSA GELAR AICIS XXII TAHUN 2023 DI SURABAYA

UINSA Newsroom, Selasa (04/04/2023); Seiring dengan semakin dekatnya pelaksanaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XXII Tahun 2023, UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya yang sedianya didapuk sebagai tuan rumah acara terus melakukan persiapan.

Kegiatan yang dijadwalkan digelar di Surabaya pada 2-5 Mei 2023 ini, merupakan kegiatan rutin tahunan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kasubdit Akademik Ditjen Pendidikan Islam, Dr. Abdullah Faqih, MA, M.Ed., dalam Pembukaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan AICIS XXII di Malang, 4 April 2023 menjelaskan, beberapa hal yang perlu didiskusikan pada kesempatan ini antara lain penetapan rundown kegiatan, kepastian tamu VVIP dan lokasi acara, serta pembuatan naskah sambutan Menteri Agama.

Menanggapi hal itu, Rektor, Prof. Akh. Muzakki, Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D., menyatakan kesiapan UINSA Surabaya sebagai pelaksana kegiatan. Beberapa persiapan dan proses mitigasi resiko serta peluang pun telah dilakukan untuk memastikan kegiatan dapat terlaksana dengan baik. “Ketika ada arahan untuk penyelenggaraan di kampus, kami tentu sangat siap,” tegas Prof. Muzakki.

Dijelaskan Rektor, bahwa UINSA memiliki fasilitas Gedung Sport Center and Multipurpose K.H. Syaifuddin Zuhri yang memiliki kapasitas besar untuk kegiatan Opening Ceremony AICIS XXII. Selain itu, dalam rangka pelaksanaan AICIS XXII, UINSA juga secara khusus sudah menyiapkan seluruh lokal pada Tower K.H. Mahrus Aly, untuk bisa digunakan dalam kegiatan paralel session.

“Bahwa kalau pada rapat kita hari ini, clear petunjuk Gus Men (Menteri Agama, red) harus dilaksanakan di Kampus, kami siap,” ujar Prof. Muzakki terkait kepastian lokasi acara.

Dalam kesempatan ini, Rektor juga menuturkan, terdapat serangkaian negatif list yang harus diperhatikan selama kegiatan AICIS XXII. Pertama, kegiatan AICIS XXII harus clear dari figur politisi. Seiring dengan semakin dekatnya tahun politik 2024 di Indonesia.

Kedua, penting menurut Rektor, untuk membawa marwah akademik AICIS beserta dengan seluruh tantangannya. AICIS XXII, lanjut Rektor, tidak boleh hanya menjadi ajang pertemuan yang justru disinsentif bagi pelaksanaan AICIS XXII. “Karena itu, tidak boleh ada forum didalam forum. Supaya terjaga marwah akademik AICIS ini,” imbuh Prof. Muzakki.

Terkait detailing rundown, Rektor secara khusus menunjuk tim yang dikomando Dr. H. Achmad Zaini, MA., bersama Dr. Nabiela Naily, S.Si, M.H.I., M.A. Tim ini sekaligus akan mendesain tentang para pelaksana acara sesuai dengan kapabilitas masing-masing.

Di kesempatan ini, Rektor juga secara khusus memohon arahan dan kesepakatan forum tentang desain acara. Kaitannya dengan beberapa tamu penting yang diperkirakan hadir. Termasuk kepastian terkait naskah sambutan Menteri Agama.

“Kami atas nama tim manajemen UIN Sunan Ampel Surabaya, tentu menghaturkan terimakasih telah memberikan kepercayaan kepada kami. Dan kami akan membayar lunas kepercayaan itu dengan segala tantangan yang ada,” tukas Prof. Muzakki.

Rapat dilanjutkan dengan pembahasan detailing rundown serta berbagai skema acara. Hadir memimpin forum mendampingi Rektor dan Kasubdit Akademik, Dr. phil. Khoirun Niam, selaku Ketua Organizing Committee (OC) AICIS XXII Tahun 2023. Rapat diagendakan selama tiga hari pada Selasa-Kamis, 4-6 April 2023. (All/Humas)