Berita

Surabaya, 5 Oktober 2023 – Dalam rangka studi tiru dan penjajakan kerjasama pengembangan pembelajaran intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Prof. Dr. H. Zainal Abidin Rahawarin, M.Si, melakukan kunjungan ke Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya sebagai unit penanggungjawab pelaksanaan Program Intensif Bahasa . Dalam kunjungannya, beliau melihat langsung pembelajaran intensif Bahasa Arab dan Inggris di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya sebagai salah satu best practise penggunaan aplikasi ALBI dan ELFI (Arabiyyah Linnaatiqiin Billughoh Indunisiyah) dan ELFI (English Language for Indonesian) bagi mahasiswa baru untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Asing. Meskipun menggunakan aplikasi ALBI dan ELFI dalam implementasinya dapat dikembangkan secara aktif dan kreatif oleh masing-masing dosen pengampu sebagaimana yang diterapkan di Fakultas Tarbiyah.

Selama kunjungannya ke Fakultas Tarbiyah beliau ditemani Wakil Dekan 1 Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag, Kepala PPB UINSA Dr. Mohammad Budiono bersama Nuriyadin, M.Fil.I (Koord. Bahasa Arab), Rizka Safriyani, M.Pd (Koord. Bahasa Inggris). Kaprodi Bahasa Arab Dr. Muflihah dan Kaprodi Bahasa Inggris Rakhmawati, M.Pd.

Aplikasi ALBI dan ELFI (Arabiyyah Linnaatiqiin Billughoh Indunisiyah) dan ELFI (English Language for Indonesian) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh tim UIN Sunan Ampel Surabaya untuk memfasilitasi atau sebagai Learning Management System (LMS) pembelajaran intensif Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik mahasiswa UIN Sunan Ampel. Aplikasi ini sangat mungkin juga digunakan di kampus lain untuk memfasilitasi pembelajaran intensif bahasa seperti halnya di UINSA.(ftk)