Berita

RAKER UINSA 2023: EXCEEDING TARGET MELALUI INOVASI, LELANG IKU DAN BETA TESTING TRANSFORMASI PTN-BH

LPM Newsroom, Kamis (09/02/2023); LPM UIN Sunan Ampel Surabaya Rapat Kerja (Raker) tahun 2023 UIN Sunan Ampel Surabaya, yang merupakan tahun kedua periode Rektor 2022-2026 dengan tema Exceeding Targets 2023: Inovasi, Lelang IKU dan Beta Testing Transformasi PTNBH. Kegiatan dilakukan dalam rangka menindaklanjuti dan memenuhi a) Rencana Strategis Bisnis 2020—2024; b) Roadmap dan tagihan Lima Pilar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya as an Islamic fiociopreneui University; c) Hasil Rapat Pimpinan tahun  2022; d) Hasil RTM 2022 pada pertengan Januari 2023; dan e) Resolusi Rektor tahun 2023;

Kegiatan dimulai dengan laporan ketua panitia, Prof. Dr. Hj. Wiwik Setiyani, M.Ag. Dalam sambutannya menyampaikan, “Tujuan Rapat Kerja tahun 2023 ini meliputi: 1) Mengukur Capaian Hasil Rapim 2022; 2) Mengukur capaian inovasi pimpinan dan unit kerja tahun 2022; 3) Menetapkan target IKU, IKT, IKK 5 pilar, IKK umum, IKK distingsi pada unit kerja; 4) Menetapkan inovasi pimpinan unit kerja; 5) Melakukan Lelang IKU Rektor Tahun 2023 dari Penjajian Kinerja (Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dan Kontrak Kinerja PK-BLU (Kementerian Agama) kepada seluruh unit kerja; 6) Menetapkan roadmap konversi Satuan kerja BLU UINSA Menuju transformasi dan beta testing PTNBH; 7) Menetapkan roadmap digilitasi Layanan prima Akademik dan non Akademik; 8) Menetapkan strategi, target dan kontrak Pendapatan Non UKT dari Unit Kerja; 9) Menetapkan paket program internasionalisasi mutu akademik; 10) Menetapkan skema implementasi MBKM; 11) Menetapkan skema implementasi Program Double Degree; 12) Menetapkan tahapan implementasi Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK); 13) Mensosialisasi paket kebijakan implementasi remunerasi; dan 14) Menandatangani kontrak kerja pimpinan unit kerja dengan Rektor,” tegasnya.

Selanjutnya adalah sambutan rektor UINSA, Prof Akh. Muzakki,M.Ag, Grad.Dip.SEA,M.Phil, Ph.D mengatakan,” Tahun kedua ini seluruh manajemen tanpa terkecuali harus melompat, melompat dan melompat, sebagaimana raker kali ini, melompat dari kota Surabaya menuju pulau dewata. Lompatan ini harus juga dipijakkan pada resolusi tahun 2023, yakni internasionalisasi mutu akademik non akademik, digitalisasi layanan prima menuju good university governance dan income generating. 3 pilar tema di atas dan 3 resolusi 2023 harus menjadi visi leadership dengan spektrum jelajah inovasi-inovasi dari masing-masing unit kerja,”ujarnya.

Muatan Materi rapat kerja ini berisikan, 1) Capaian Hasil Rapim 2022; 2) Lelang IKU Rektor; 3) Roadmap Konversi Satker BLU Menuju PTNBH; 4) Implementasi Digitalisasi Layanan Akademik dan Non Akademik; 5) Strategi, Target, dan Kontrak Pendapatan Non UKT Unit Kerja; 6) Internasionalisasi Mutu Akademik; 7) Skema Implementasi MBKM; 8) Skema dan Implementasi Program Double Degree; 9) Skema SOTK dan Remunerasi.

Rapat kerja dilakukan di Hotel Grand Inna Kuta, Bali selama tiga hari tanggal 9-11 Februari 2023. Kegiatan diikuti oleh pimpinan UINSA yang terdiri dari Ketua dan Sekertaris Senat, Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro AAKK, Dekan Direktur Ketua, Sekertaris Lembaga, Ketua dan Sekretaris SPI Wakil Dekan Wakil Direktur Kepala Pusat pada Lembaga Kepala UPT Koordinator pada Biro AUPK Koordinator pada Biro AAKK Tim Perumus dan Tim Teknis Panitia dengan total 89 peserta. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti Rapat Kerja karena setiap unit kerja mempresentasikan lembar kerja yang menjadi target dan strategi pencapaiannya di aplikasi DINSA (Decetion Supporting System UINSA). [lila]