Berita

RAPIM UINSA 2023: MANTAB PERSIAPKAN UINSA MENJADI PTNBH

Lp2m Report, Kamis, 9 Februari 2023. Rapat Pimpinan UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya tahun 2023 diselenggarakan di Hotel Grand Inna Kuta Bali pada Kamis s.d. Sabtu, 9 s.d. 11 Februari 2023. Acara dibuka oleh Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag, Grad. Dip. SEA, M.Phil, Ph.D. Acara yang dihadiri oleh para pimpinan UINSA dari unsur Senat, Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Kepala Biro, Ketua Lembaga, Kepala SPI, Sekretaris Lembaga, Kepala Pusat di Lembaga, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT), Koordinator Bagian, dan Tim teknis panitia.

Prof. Akh. Muzakki menegaskan mengapa UINSA harus beralih dari BLU (Badan Layanan Umum) menjadi PTN-BH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Ada lima alasan penting, yakni pertama, jika UINSA menjadi PTNBH, maka statusnya akan menjadi Badan Hukum. Kedua, visi misi perguruan tinggi nirlaba, yakni merupakan bentuk pertanggungjawaban ke stakeholder (MWA). Ketiga, wewenang pengelolaan, otonomi luas, baik akademik dan nonakademik. Keempat, aggaran disusun berdasarkan renstra dan ditetapkan oleh MWA. Kelima, pengelolaan pendapatan diatur oleh PTN-BH.

Pada kesempatan ini, rektor UINSA juga memaparkan Persentase Ketercapaian Kinerja UINSA tahun 2022. Ketercapaian IKU sebanyak 60%, ketercapaian IKT sebanyak 40%, ketercapaian IKK 5 Pilar sebanyak 57%, IKK Inovasi Umum 49%, dan IKK distingsi 61%. Di akhir acara, Prof Akh. Muzakki memberikan tips kepada para pimpinan di lingkungan UINSA dengan mengutip statemen Mark A. Clement, “Leaders who win the respect of others are the ones who deliver more than they promise, not the ones who promise more than they can deliver”.

Selepas acara pembukaan, dilanjutkan dengan para wakil rektor yang mempresentasikan 6 biji inovasinya dan diikuti oleh pimpinan Lembaga, Fakultas dan Pascasarjana. Dari semua unit, terdata ada sejumlah 260 inovasi. Hal ini tentunya menjadi hal yang sangat membanggakan bagi UINSA. Hadir full team Lembaga Penelitian dan Pengembangan kepada Masyarakat (LP2M) yang terdiri dari Ketua Dr. Achmad Zaini, MA, Sekretaris LP2M Aris Fanani, M.Kom, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan Dr. Chabib Mustofa, M.Si, Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Agus Afandi, M.Fil.I, serta Kepala Pusat Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.I. LP2M UINSA mempunyai 10 inovasi yang telah dicanangkan dan insyaallah akan diwujudkan dalam beberapa tahun ke depan. Semoga semua dilancarkan dan dimudahkan. Amiin.. (elha-lp2m)