Berita

PUSTI-PD LATIH SDM UINSA MELEK TEKNOLOGI

UINSA Newsroom, Jumat (28/07/2023); Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTI-PD) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menggelar acara Sekolah Teknologi di GreenSA-Inn Juanda. Digelar pada tanggal 27 Juli 2023, kegiatan ini bertajuk Sekolah Teknologi:  Experience of Data Science for Stakeholders.

Acara ini diikuti 57 peserta yang terdiri dari Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga, Kapala Unit, Koordinator pada Rektorat maupun Fakultas, dan Sub Koordinator Pascasarjana, serta peserta dari unsur Jabatan Fungsional Umum (JFU) Rektorat.

Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (Warek AUPK), Prof. Dr. Wiwik Setiyani, M.Ag., menyampaikan perasaan bangga terhadap kinerja PUSTI-PD UINSA atas terobosan dan inovasi yang dibuat secara cepat. Baginya, PUSTI-PD telah berhasil mengejutkan pihak pimpinan UINSA dengan begitu banyaknya aplikasi yang di-launching PUSTI-PD. “Mau tidak mau kami pun harus cepat belajarnya, jangan sampai aplikasinya bagus, tapi SDM tidak bisa mengikuti,” paparnya.

Lebih lanjut Warek AUPK mengharapkan, aplikasi-aplikasi yang telah dibuat PUSTI-PD dapat mempermudah tugas atau pekerjaan yang dilakukan di UINSA Surabaya. “Pada dasarnya semua harus belajar karena kedepan banyak target yang akan kita temui. Mari kita belajar bersama dan kita pelajari apa yang akan disampaikan oleh Kepala PUSTI-PD. Semoga dapat memberikan manfaat untuk lembaga kita dan membuat UINSA semakin Jaya,” tutupnya.

Sementara itu, Dr. H. Muhtar Hazawawi, M.Ag., Kepala Biro AUPK dalam sambutannya menyampaikan motivasi kepada peserta. “Kami yakin bahwa inovasi yang digunakan oleh UINSA adalah lompatan cerdas yang mungkin tidak digagas oleh kampus-kampus lain. Kami sepakat kegiatan semacam ini akan kita gagas terus sehingga menjadi mercusuar untuk kebangkitan UINSA dan semakin melambungkan nama diatas dunia,” ujar Dr. Muhtar Hazawawi.

Kabiro AUPK menegaskan, bahwa semua unsur harus terlibat dalam upaya perbaikan Lembaga yang lebih baik. Kabiro AUPK yakin, sepuluh tahun yang akan datang, UINSA akan mampu menjadi Kampus Islam terbaik di dunia. “Kita akan lakukan yang terbaik, kita akan supoort, aplikasi-aplikasi yang telah dibuat akan menjadi 1 monster yang tidak berdiri sendiri akan tetapi jadi ruang besar untuk menampung impian kita semua. Kita harus support,” tambahnya.

Dalam opening season, Kepala PUSTI-PD, Dr. Achmad Teguh Wibowo, MT., MTCNA., menyampaikan terkait pertemuan yang digelar bukan sekedar sosialisasi, akan tetapi juga melatih teknis penggunaannya. “Bapak/Ibu mungkin akan sedikit pusing dengan coding-coding yang akan kita pelajari. Jangan khawatir nanti ketika sudah dilaksanakan pasti terasa mudah,” ujarnya.

Sebagai Informasi ada 2 (dua) aplikasi yang akan disosialisasikan PUSTI-PD, yaitu:1. Application of Letter Management Information System (ARTEMIS), dan 2. Aplikasi Info Gaji Berkala (IGA). Serta pengenalan dan pelatihan terkait Sekolah Teknologi Experience of Data Science for Stakeholders. (Chy/Humas)