Berita

Mahasiswa tahun ke tiga (semester 6) angkatan 2016 dengan bimbingan asisten lapang serta dosen-dosen Ilmu Kelautan, Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya melaksanakan kegiatan praktikum lapang pada Jum’at-Sabtu (26-28/04) di Kawasan Taman Nasional Baluran. Selain belajar teori di kelas, mahasiswa juga harus memiliki kemampuan observasi lapangang. Kegiatan ini merupakan Praktik Lapang mata kuliah Project Survei Kelautan. Praktik lapang ini turut dihadiri oleh dosen prodi Ilmu Kelautan UINSA diantaranya Dian Sari Maisaroh, M.Si, Wiga Alif Violando, Ruly Isfatul Khasanah, Mauludiyah M.T, Rizqi Abdi Perdanawati M.T serta delapan asisten lapang dari angkatan 2015.

Sekitar 64 mahasiswa yang dibagi menjadi 12 kelompok melakukan berbagai pengambilan data yang ada di Kawasan Taman Nasional Baluran. Kegiatan selama 3 hari ini, setiap kelompok telah diberikan jadwal masing-masing. Mahasiswa dituntut untuk serius, disiplin dan mampu terjun ke lapangan, tentunya dengan persiapan yang matang jauh-jauh hari. Namun, selama melakukan praktikum, praktikan selalu diawasi oleh dosen pembimbing dan asisten lapang.

Pengambilan data yang dilakukan meliputi ekosistem mangrove, lamun, terumbu karang, pengamatan ikan karang dan juga hydro-oseanografi. Praktikan juga mengukur parameter perairan seperti temperatur, kandungan oksigen terlaurut (Dissolved Oxygen / Do), derajat keasaman (pH), kadar garam /salinitas, dan kecerahan.

Dimana ekosistem mangrove menggunakan metode line transect, lamun menggunakan metode transek kuadrat, terumbu karang menggunakan metode PIT (Point Intercept Transect). Data hydro-oseanografi yang diambil antara lain pasang surut menggunakan metode Admiralty, pengukuran konduktivitas, temperature dan kedalaman menggunakan CTD, pengukuran arus laut menggunakan metode Euler, batimetri meggunakan Echosounder, dan terakhir pengambilan sample sedimen di setiap ekosistem.

Dian Sari Maisaroh M.T selaku salah satu dosen pengampu mata kuliah Project Survey Kelautan menyampaikan, kami ingin mahasiswa ketika lulus dari Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel Surabaya siap apabila menemui kasus yang ada di lapangan, entah ketika dalam pekerjaan ataupun diminta masyarakat untuk membantu. Sehingga ketika di lapangan mahasiswa sudah tau apa yang harus dilakukan dalam pengambilan data, metode yang digunakan, sekaligus cara mengolah data. Kali ke tiga mahasiswa ilmu kelautan melakukan Project Survei di Pantai Bama, Baluran diharapkan ketika sudah mendapatkan data pertahun, kita bisa berkontribusi sampai ke tingkat pemerintah. (26/04/2019)