Berita

English Literary Club (ELITE) adalah forum klub yang dibentuk oleh mahasiswa Sastra Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya yang membahas karya sastra dalam bahasa Inggris. Forum ini pertama kali didirikan pada tanggal 16 April 2020. Forum ini terdiri dari sekelompok mahasiswa yang memiliki ketertarikan lebih pada karya sastra dan didasari oleh rasa keingintahuan yang tinggi untuk mengenal lebih dalam tentang ‘seluk beluk sastra’ baik latar belakang penulis, kandungan dalam novel dan makna novel baik tersurat maupun tersirat.

Logo English Literary Club (ELITE)

Arsyida Alfianti Putri, Mahasiwa Sastra Inggris UINSA semester 6 yang menjabat sebagai Ketua ELITE Club menyampaikan Visi organisasinya yang bertujuan agar para anggotanya dapat menggali kreativitas, bisa berpikir kritis dalam membahas karya sastra, serta dapat melihat sastra dari segi yang lebih mendalam.

“Untuk visi dari organisasi kami sendiri yaitu ‘To realize critical, creative, productive, and quality youth in the field of literature and creative writing’, yang berarti tujuan nya untuk meningkatkan tingkat kekritisan mahasiswa dalam menganalisis karya sastra, jadi tak hanya menikmati keindahan tulisan, juga dapat dianalisis dengan konsep yang teoritis.”

Anggota ELITE Prodi Sastra Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya

ELITE Club sangat berperan dalam melatih critical thinking dalam menyuarakan pendapat terkait karya sastra. Selain itu, member juga mendapatkan insight baru selain yang didapatkan dari pembelajaran dikelas. Dalam forumnya, ELITE Club juga menjelaskan misi nya yang dapat memberi manfaat bagi para anggotanya.

Elite Literary Club memiliki beberapa agenda kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa yang berminat lebih di karya sastra, diantaranya ialah forum yang berbasis bedah karya sastra berbahas inggris, dan kegiatan seputar kajian sastra. Agenda kegiatan ini merupakan agenda mingguan. Bedah karya dibagi menjadi 2 macam yaitu bedah karya penulis terkenal maupun karya anggotanya sendiri.

Selain itu, Elite Club memiliki agenda tahunan yaitu menghasilkan Online Zine yang diberi nama LEXICON. Agenda tahunan atau yang ramah dikenal dengan nama LEXICON yang bertujuan menerbitkan majalah online dalam websitenya yang berisi kumpulan karya seperti poem, short story, dan essay. Biasanya, tema dalam agenda tahuannaya memiliki judul yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Pada 2024 ini, Elite telah melaksanakan program baru dengan judul, “MIRAGE Poem and Flash Fiction Competition” yang dapat diikuti oleh Mahasiswa Sastra Inggris UINSA.

Salah satu cover LEXICON

ELITE Club juga memiliki fokus khusus bagi mahasiswa Sastra Inggris sendiri, yakni dapat menjadi wadah bagi mahasiswa Sastra Inggris UINSA dalam mengembangkan ketertarikan mereka dalam bidang Sastra Inggris. Selain itu, forum ini juga berkontribusi dalam memberikan wadah dan kesempatan bagi mahasiswa Sastra Inggris untuk mengekspresikan diri dengan menciptakan karya yang asli dengan ide-idenya.

Bagi anggota ELITE Club, menjadi bagian didalamnya memiliki kebanggaan tersendiri seperti yang dirasakan oleh Dika Zakiya.

“Kebanggaan terbesar sebagai anggota Elite Club adalah membuat kami merasa lebih dekat dengan dunia sastra dan identitas kami sebagai mahasiswa Sastra Inggris,” ujarnya.

Bagi mahasiswa Sastra Inggris yang tertarik untuk bergabung ke ELITE Club, cara mendaftarkan diri dalam organisasi ini cukup mudah. ELITE Club akan membuka perekrutan anggota baru setiap tahunnya bagi mahasiswa Sastra Inggris UINSA semester 3 & 5. Informasi biasanya akan tersebar secara online, namun bisa juga ditemui pada mading lantai 1 Gedung FAHUM UINSA. Pendaftaran anggota baru dilakukan secara online dengan mengisi link formulir yang telah disediakan. LEXICON dan agenda kegiatan dari ELITE Club dapat diakses melalui tautan https://eliteratureclub.wixsite.com/website