Berita

Surabaya, 3 Juli 2023 – Pada Hari Senin, tanggal 3 Juli 2023, Program Studi Matematika di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya mengadakan kunjungan industri atau kuliah lapangan industri ke PT Amerta Indah Outsuka, yang terletak di Pabrik Kejayan, Pasuruan. Kegiatan ini merupakan bagian dari penerapan kuliah bagi mahasiswa yang mengambil peminatan Statistika dengan mata kuliah Time Series, serta bagi mahasiswa yang mengambil peminatan Industri dengan mata kuliah Pengendalian Kualitas Statistika. Peserta kunjungan terdiri dari 46 orang, terdiri dari 43 mahasiswa, 2 dosen pendamping, dan 1 asisten laboratorium Statistika.

Kunjungan dimulai pada pukul 10:30 dan para peserta disambut dengan pelayanan terbaik oleh Ibu Indah, selaku penanggung jawab Consumer Relation Officer (CRO), dan Tim Quality Control dari PT Amerta Indah Outsuka. PT Amerta Indah Outsuka merupakan perusahaan yang memproduksi dua jenis produk, yaitu Soyjoy dan Minuman Pocary Sweat. Peserta kunjungan pertama-tama diajak untuk melihat proses produksi pembuatan Soyjoy di dalam pabrik.

Setelah itu, para peserta melanjutkan kunjungan ke pabrik pembuatan minuman ion Pocary Sweat. Mereka dikumpulkan di ruang auditorium untuk mendapatkan penjelasan mengenai industri PT Amerta Indah Outsuka, serta sesi diskusi, tanya jawab, dan penyerahan cinderamata.

Kemudian, para peserta diajak ke ruang proses produksi Pocary Sweat, di mana mereka diperlihatkan tahapan-tahapan produksi secara detail. Tahapan-tahapan tersebut meliputi:

  1. Injection moulding, yaitu proses pembentukan peform (bakal botol pocari) menjadi botol pocari.
  2. Blow molding, yang merupakan proses pembentukan peform (bakal botol pocari) menjadi botol pocari.
  3. Pembuatan dan Pencampuran bahan larutan.
  4. Sterilisasi, digunakan untuk mensterilkan botol dan tutup botol agar terhindar dari kontaminasi bakteri.
  5. Mesin filling capping, digunakan untuk mengisi produk pocari sweat ke dalam botol yang sudah steril.
  6. Mesin pelabelan yang terdiri dari cap sterilisation, cap sorter, cap checker, yang digunakan untuk memberi label secara otomatis pada produk pocari sweat yang sudah dikemas.
  7. Mesin detektor yang terdiri dari mesin bottle pressure detector, labeller, link jet printer bottle, dan camera inspector, digunakan untuk mendeteksi produk-produk yang rusak atau tidak sesuai dengan standar pocari sweat sehingga produk yang tidak sesuai tersebut terpisah atau terbuang secara otomatis.
  8. Mesin auto caser, mesin pengemas yang digunakan untuk mengemas dan menata produk pocari sweat menjadi 1 kardus yang berisi 24 botol.
  9. Pengangkutan ke tempat penyimpanan, dengan waktu penyimpanan maksimal selama 7 hari.

PT Amerta Indah Outsuka memiliki kapasitas produksi sebesar 600 botol per menit dan jam kerja selama 23 jam per hari. Seluruh proses produksi dilakukan dengan menggunakan tenaga mesin Robot untuk mengurangi kesalahan manusia. Kualitas produk Pocari Sweat diawasi oleh pihak Quality Control dengan mengukur beberapa karakteristik kualitas seperti suhu, tekanan, rasa, dan kandungan mikrobiologi. Perencanaan produksi dan pemasaran PT Amerta Indah Outsuka juga menerapkan ilmu Forecasting/Time Series.

PT Amerta Indah Outsuka menyambut baik adanya saran dan ide dari masyarakat, termasuk mahasiswa yang berminat untuk magang, mengambil data, kerja praktik, atau menyelesaikan tugas akhir. Bagi yang berminat, mereka dapat menghubungi PT Amerta Indah Outsuka melalui kontak yang tersedia di situs web resmi perusahaan (https://www.aio.co.id/contact).