Berita

UINSA Newsroom, Ahad (28/04/2024); Prosesi Wisuda ke-107 UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya diikuti sebanyak 692 Wisudawan. Pengukuhan wisudawan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 ini digelar pada Sabtu, 27 April 2024.

Pada prosesi ini, diikuti 1 wisudawan dari Program Doktor dan 13 Wisudawan Program Magister. Sedangkan untuk program Sarjana yakni Wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) 83 orang; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) 111 orang; Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 138 orang; Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) 118 orang; Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) 74 orang; Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 54 orang; Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) 49 orang; Fakultas Psikologi dan Kesehatan (FPK) 28 orang; dan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) 23 orang.

Wisuda kali ini, cukup istimewa karena dihadiri langsung Plt. Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Abu Rockhmad, M.Ag. Dalam Taujihat-nya, Prof. Abu Rockhmad secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada orangtua wali wisudawan atas kerja keras dan doa yang menghantarkan sukses bagi putra-putrinya.

Kepada para wisudwan, Prof. Abu Rockhmad juga mengucapkan selamat atas kerja keras hingga mampu menempa diri menjadi vesi terbaiknya. “Welcome to the universe, to the real universe. Good bye to the university. Kalian semua memasuki dunia yang sesungguhnya,” ujar Prof. Abu Rockhmad.

Prof. Abu Rockhmad juga berpesan, agar menjadikan ilmu yang dipelajari selama kuliah sebagai bekal untuk meraih kesuksesan di masa depan. Berbagai potensi, peluang, dan tantangan di dunia nyata harus menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik dan sukses.

“Kami yakin kalian pasti mampu menaklukkan dunia ini dengan ilmu yang kalian punya. Kalian jangan minder. Karena diantara huruf U dan N (pada kata UINSA, red) ada I di tengahnya. Jadikan huruf I (Islam, red) sebagai driver pendorong utama supaya kalian tidak pernah kehilangan spirit of struggle,” tegas Prof. Abu Rockhmad.

Sementara itu Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. dalam sambutannya menegaskan tentang peranan dunia Pendidikan untuk memproses sebuah potensi menjadi kompetensi yang kemudian melahirkan pengaruh atau distingsi. “Kekuatan modal diri kita selain kompotensi adalah akhlak mulia. Jangan ditinggalkan, pertahankan akhlak. Jaga modal itu sebagai kekuatan alumni UINSA,” ujar Prof. Muzakki.

Dalam kesempatan ini, Rektor secara khusus juga memberikan full scholarship S2 bagi wisudawan terbaik, Hisbia Qurani, Wisudawan dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat. Rektor pun menyampaikan terimakasih kepada orangtua wali wisudawan atas kepercayaannya menjadikan UINSA sebagai kampus pilihan studi putra-putrinya. (Nur/Humas)

Reportase: Kamal/Roziqin
Redaktur: Nur Hayati
Desain Foto: MN Cahaya
Highlight: Rian