Berita

Dakwah dan Komunikasi

Tuesday, 3 January 2023

Pimpinan FDK UINSA Ikut Berpartisipasi pada Peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama di UINSA

Tanggal 3 Januari setiap tahunnya menjadi momen bersejarah bagi kementerian Agama. Pada tanggal tersebut merupakan hari kelahiran Kementerian Agama yang kemudian disebut sebagai Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama. Tepat pada 3 Januari 2022 ini merupakan peringatan HAB ke-77. UIN Sunan Ampel sebagai bagian dari satuan kerja Kementerian Agama ikut memeriahkan HAB ke-77 ini dengan upacara dan festival musik.

Pada Selasa (3/1), segenap pimpinan Fakultas Dakwah dan Komunikasi ikut memeriahkan HAB ke-77 dengan mengikuti upacara yang dilaksanakan di halaman depan Twin Tower UINSA. Pimpinan FDK UINSA mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Kordinator, Subkoordinator, hingga para tenaga kependidikan mengikuti upacara dengan mengenakan baju adat Nusantara.

Peringatan HAB ke-77 ini mencanangkan tagline ‘Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat’. Pada rilis pidato Menteri Agama untuk peringatan HAB ke-77 ini, disampaikan bahwa tugas berat mesti ditunaikan oeh seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. Kerukunan adalah prasyarat pembangunan.

“Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antar masyarakat rukun dan damai,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rilis pidato HAB ke-77.

Lebih lanjut, pada pidato Menteri Agama untuk HAB ke-77 ini disampaikan bahwa transformasi layanan umat yang dicanangkan pada HAB ke-76 tahun lalu telah mulai terwujud dan tampak hasilnya. Salah satu wujud transformasinya adalah hadirnya Pusaka Super Apps yang menjadi aplikasi berbagai layanan Kemenag.

Rektor UIN Sunan Ampel, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. pada acara peringatan HAB ke-77 di UINSA menyampaikan bahwa sepanjang tahun 2022, UINSA telah banyak meraih prestasi di kancah nasional maupun internasional. Prestasi tersebut menjadi dorongan bagi UINSA untuk terus meningkatkan kualitas dan target-target pada tahun 2023 ini.

“Resolusi UINSA 2023 adalah internasionalisasi UINSA, digitalisasi layanan, serta peningkatan income generating. Kita harapkan peningkatan income generating ini dapat mendorong UINSA menuju PTN Berbadan Hukum pada tahun 2024 mendatang,” ungkat Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. dalam sambutan di acara syukuran HAB ke-77.

Selain peringatan upacara HAB ke-77, UINSA juga memeriahkan HAB ke-77 ini dengan penyerahan anugerah dan festival musik dengan tema “The UINSA Early-Year Music Festival: A Moment of Thanks Giving”. Pada acara tersebut ditampilkan musikalisasi hadits, band mahasiswa, band tendik dan dosen, hingga senandung religi.