Berita

@Fakultas Sains dan Teknologi

Thursday, 31 March 2022

Persiapan Reakreditasi, Fakultas Saintek UINSA Gelar Workshop Penyusunan LED Program Studi

Pada hari Senin hingga Selasa, 30-31 Maret 2022, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan workshop penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED). Workshop yang bertempat di GreenSA Inn Sidoarjo ini diselenggarakan dalam rangka penyiapan reakreditasi program studi di lingkungan Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya. Hadir sebagai narasumber workshop yaitu Dr. Dra. Melania Suweni Muntini, M.T. dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) dan Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Wakil Dekan I Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya, Dr. Moh. Hafiyusholeh, M.Si., M.PMat., dalam sambutannya menyampaikan bahwa workshop ini penting untuk dilakukan mengingat fakultas selaku unit pengelola program studi perlu untuk menemukenali kekuatan yang dimiliki oleh program studi sekaligus aspek-aspek apa saja yang masih perlu mendapat perhatian atau perbaikan. “Dengan demikian, upaya peningkatan mutu secara berkelanjutan dapat terwujud”, ujar Sholeh menegaskan. 

Sementara itu, di awal paparannya, Melania sebagai narasumber pertama menjelaskan mengenai peralihan akreditasi Program Studi dari BAN-PT kepada Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) baru, salah satunya adalah LAMSAMA. Dalam penyampaian materi berjudul “Identifikasi dan Analisis SWOT dalam Penyusunan LED – IAPS LAMSAMA”, Melania menerangkan bahwa selain memperlihatkan pencapaian mutu program studi, penyusunan LED juga bertujuan untuk menjaga agar kinerja program studi yang telah dicapai tetap terjaga keberlangsungannya.  “LED juga merupakan alat manajerial yang ditujukan untuk penyusunan rencana pengembangan program studi di masa mendatang”, tambahnya. 

Sesi kedua workshop menyajikan materi strategi penyusunan LED. Secara spesifik, dalam paparannya yang berjudul “Strategi Penyiapan dan Penulisan LED – Best Practice Akreditasi Unggul”, Era membagi beberapa kiat dan langkah-langkah yang perlu dilakukan supaya penyusunan LED bisa dilakukan secara optimal. Hal ini dikarenakan LED tidak hanya menggambarkan status capaian tetapi juga memuat analisis ketercapaian atau ketidaktercapaian suatu kriteria.

Workshop dilanjutkan dengan penyusunan LED tiap-tiap program studi di lingkungan Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya. Penyusunan LED ini dipandu langsung oleh Gugus Kendali Mutu Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya.

Di akhir workshop, Dekan Fakultas Saintek UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag., memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan workshop penyusunan LED yang berlangsung optimal. Evi juga memberikan penguatan kepada peserta workshop, yang merupakan dosen sekaligus tim akreditasi prodi, bahwa kegiatan workshop penyusunan LED merupakan bagian dari upaya penjaminan mutu sekaligus bentuk pelayanan umat. “Kegiatan yang dilakukan tidak hanya dengan kesadaran, tapi juga komitmen dan integritas maka sejatinya akan bernilai ibadah”, pungkas Evi menutup kegiatan.