Berita

Tim Perpustakaan melakukan kegiatan internasionalisasi Sumber daya manusia (SDM) Pustawakan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari rabu-minggu, tanggal 19-23 Juli 2023. Adapun negara tujuan tahun 2023 ini  adalah Malaysia. Malaysia menjadi salah satu top 2 negara terbaik tingkat literasi di Asia Tenggara.

Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan UINSA Prof. Dr. Hj. Evi Fatimatur Rusydiyah, M.Ag. Peserta kegiatan tersebut adalah Hary Supriyatno, M.Pd dan Aries Hamidah, S.Ag, S.IPI. M.M. sebagai pustawakan ahli madya. Amira Oribia Wanda Sasmita S.IIP dan Desiana Ekasari Putri, S.IIP. sebagai pustawakan ahli pertama UIN Sunan Ampel Surabaya

Kegiatan ini dibingkai dalam kegiatan diseminasi riset para pustakawan. Kegiatan ini juga dalam rangka mengimplementasikan visi UIN Sunan Ampel Surabaya “Menjadi Universitas Islam yang unggul dan kompetitif bertaraf internasional”. Visi tersebut dibreakdown oleh Perpustkaan  “Menjadi Perpustakaan yang Unggul dan Kompetitif dalam bidang Keislaman bertaraf International”.

Kunjungan ini dilaksanakan di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM) dan Heriot Watt University Malaysia. Saat di USIM Pustawakan mendiseminasikan hasil risetnya di depan para pustakawan Malaysia. Sementara di Heriot Watt, pustakawan UINSA mendapatkan materi tentang digitalisasi Perpustakaan di Malaysia. Kedua Perpustakaan pada dua kampus tersebut memiliki keunggulan yang berbeda. Pada USIM kekuatan Perpustakaan pada aspek Community Outreach-nya. Sedangkan Perpustakan Harriot Watt terletak pada program layanan digitalisasinya. 

Kegiatan di Malaysia ini difasilitasi oleh Dr. Ghazzali Mohamed Fadzhil sebagai Presiden Persatuan Pustakawan Malaysia. “Berharap kegiatan ini menjadi kegiatan tahunan sebagai bentuk dari peningkatan kapasitas SDM Pustakwan UIN Sunan Ampel Surabaya” tutur Prof Evi saat memberikan semangat kepada pustakawan UINSA.” Excellent service and Research based Library” (EFR)