Berita
Perkuat Jaringan Kerjasama Berkualitas, FTK UINSA Lakukan Studi Banding Peningkatan Kapasitas Prodi Unggul di UIN Mataram

“Kami senang menyambut kunjungan dari UIN Sunan Ampel Surabaya karena kami merasa seperti dikunjungi oleh orang tua Kami sendiri” –Dekan FTK UIN Mataram

Senin, 21 November 2022, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan studi banding ke Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram Nusa Tenggara Barat. Tujuan dari kegiatan ini disamping untuk memperkuat tali silaturahmi juga dalam rangka sinergi menguatkan kerjasama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi kedua belah pihak. Turut hadir dalam kegiatan: Dekan dan Wakil Dekan FTK UIN Mataram, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi dari kedua Instansi.

Kegiatan diawali dengan penyambutan dan pembukaan oleh Dekan FTK UIN Mataram, Dr.Jumarim, M.H.I  Dalam sambutannya, Jumarim menyampaikan apresiasi atas moment studi banding tersebut, baginya kegiatan tersebut layaknya orang tua yang mengunjungi anaknya yang sudah cukup berkembang besar  lantaran UIN Sunan Ampel telah berdiri lebih awal dibandingkan UIN Mataram.

Lebih jauh, Jumarim mengharapkan adanya keberkatan dan keberkahan dari kegiatan ini. Keberkatan yang dimaksud adalah berupa manfaat yang dapat dirasakan langsung berupa keberlanjutan kerjasama diantara prodi-prodi UINSA dan UIN Mataram. Kegiatan implementasi kerjasama misalnya visiting lecturer dan student exchange antara UIN Mataram dan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sambutan dari UIN Sunan Ampel Surabaya diwakili oleh Moh.Faizin, M Pd.I, Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa FTK UINSA. Dalam sambutanya, Ia menegaskan kembali harapan  dari studi banding ini untuk mewujudkan visi misi FTK yakni penguatan kapasitas program studi dalam membangun pendidikan tinggi yang unggul dan kompetitif, hal ini mengingat  UIN Mataram adalah salah satu kampus di Nusa Tenggara Barat yang terakreditasi unggul dan sebagian besar prodinya telah terakreditasi A.

Setelah acara perkenalan jajaran pimpinan dari FTK UIN Mataram dan UIN Sunan Ampel yang tergabung dalam kunjungan studi tersebut, kegiatan ditutup dengan doa. Di akhir kegiatan, kedua pihak saling memberikan cinderamata dan melakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA).

Ramah tamah, diskusi dan koordinasi di masing-masing prodi berlangsung apik. Prodi Pendidikan IPA UIN Sunan Ampel Surabaya menginisiasi implementasi MoA melalui Kuliah Tamu (Visiting Lecturer) di kelas Tadris Pendidikan IPA Biologi UIN Mataram. Topik yang diangkat adalah The Future of Biology Education Research: Preparing of Society 5.0 Era. Didampingi ketua prodi dan sekretaris prodi Pendidikan IPA Biologi UIN Mataram, kegiatan kuliah tamu berlangsung kondusif dan disambut antusiasme tinggi dari mahasiswa.