Berita

Wednesday, 23 November 2022

MA'HAD UINSA JUARA UMUM RIHLAH ILMIAH MA'HAD PTKIN SE-INDONESIA KE-IX TAHUN 2022

UINSA Newsroom, Rabu (23/11/2022); Sukses mengantongi dua kategori Juara 1 dari tiga Cabang Lomba, Pusat Ma’had al-Jami’ah UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya resmi menjadi Juara Umum Kegiatan Rihlah Ilmiah dalam rangka “Musyawarah Nasional Mudir Ma’had dan Rihlah Ilmiah” PTKIN Se-Indonesia Ke-IX Tahun 2022. Kegiatan ini digelar selama tiga hari pada Senin-Rabu, 21-23 November 2022.

Lomba antar mahasantri pada Rihlah Ilmiah antara lain meliputi: Lomba Karya Tulis Ilmiah Pesantren (LTKIP), Musabaqah Hifdhil Qur’an (MHQ), dan Musabaqah Qiraatil Kitab (MQK). Adapun kategori lomba yang dijuarai Pusat Ma’had al-Jami’ah UINSA Surabaya yakni Juara I Musabaqoh Qiraatul Kutub dan Juara I Musabaqoh Hifdzil Qur’an. Nomor lainnya, yakni Juara Harapan I untuk kategori lomba Musabaqoh Hifdzil Qur’an.

Forum ini melibatkan Mudir/Pengelola Ma’had al-Jami’ah (Pesantren Kampus) PTKIN Se-Indonesia, dan dihadiri 39 Ma’had al-Jami’ah PTKIN Se-Indonesia. Total perwakilan Mudir dan Pengelola berjumlah 84 orang, serta 74 mahasiswa yang mengikuti Rihlah Ilmiah.

Ketua Forum Mudir Ma’had Se-Indonesia (FM2I) terpilih, Dr. Harun Al Rasyid, M.A., dalam sambutan penutupan Munas menyampaikan, bahwa estafet kepemimpinan FM2I adalah amanah besar yang tidak mungkin terealisasi tanpa dukungan semua pihak. Dr. Harun berharap agar dirinya dapat memimpin FM2I serta menjalankan amanah dan target kerja FM2I dengan baik.

Forum ini juga menggelar “Deklarasi Moderasi Islam” yang dibacakan Para Mudir/Pengelola Ma’had al-Jami’ah sebagai ajakan kepada publik untuk istiqamah menjadikan Moderasi Islam sebagai paradigma dalam memahami Islam agar Islam Rahmatan lil ‘Alamin benar-benar wujud  dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pembacaan dan Penandatanganan Deklarasi dilakukan perwakilan dari masing-masing zona. Antara lain Zona Jawa diwakili Bahtiyar Rifa’I, M.Pd.I., dari UINSA Surabaya; Zona Kalimantan diwakili Muhammad Nasrun, M.Pd.I., dari UINSI Samarinda; Zona Sumatra diwakili H. Winarno, M.H.I., C., Med., dari IAIN SAS Bangka Belitung; dan Zona Sulawesi diwakili Dr. H. Abdul Halim Taili, S.Ag., M.Ag., dari UIN Alaudin Makasar.

Terdapat tiga poin utama yang menjadi perhatian FM2I kaitannya dengan peran Ma’had dalam mendeklarasikan Moderasi Islam. Yakni:

  1. Menjadikan Ma’had al-Jami’ah Pesantren kampus sebagai garda terdepan dalam membumikan moderasi Islam;
  2. Menjadikan Ma’had al-Jami ah Pesantren kampus sebagai tempat “penggemblengan” mahasantri dalam rangka penguatan moderasi Islam sebagai implementasi nyata pembumian Islam rahmatan lil Alamin
  3. Setiap individu memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjaga hubungan antar anak bangsa dalam semangat toleransi, dan menolak segala bentuk praktik keagamaan yang mengarah pada penggunaan kekerasan teror sebagai pilihan.

Prof. Dr. H. Saiful Jazil, M.Ag., Kepala Pusat Ma’had al Jami’ah UINSA Surabaya selaku Ketua panitia pelaksana kegiatan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada segenap peserta yang telah memberikan kepercayaan dan amanat kepada UINSA Surabaya sebagai Tuan Rumah Munas.

Alhamdulillah, berkat kerjasama dari panjenengan semua akhirnya kegiatan ini berjalan lancar. Dan panjenengan bisa mengikuti sampai acara selesai dalam keadaan fresh, sehat, lahir, dan batin. Mudah-mudahan sampai kembali ke tempat masing-masing dalam keadaan selamat disertai Ridlo-Nya Allah SWT.,” ujar Prof. Jazil.

Berikut perolehan Juara dalam Kegiatan Rihlah Ilmiah Ma’had PTKIN Se-Indonesia Ke-IX Tahun 2022:

NONAMAJUARACABANGASAL INSTANSI
1Sri AndiniJuara ILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenUIN Sunan Gunung Djati Bandung
2Dinda MulyaniJuara ILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenUIN FAS Bengkulu
3Nayla AutarJuara IIILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenMa’had UIN Syarif Hidayataullah Jakarta
4Mutiara MudirHarapan ILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenMa’had IAIN Parepare
5ST. Aisyah Sendang PratiwiHarapan IILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenMa’had IAIN Kediri
6Tania Salsabila TriandaniHarapan IIILomba Karya Tulis Ilmiah PesantrenMa’had UIN Khas Jember
7M. Ainul AbidJuara IMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN Sunan Ampel Surabaya
8Arju Bahrain MuhammadJuara IIMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
9Hilda Ma’iisya SalmaJuara IIIMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
10M. Abdul KharisHarapan IMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN Walisongo
11Ahmad Fikri FathoniHarapan IIMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN SAIZU Purwokerto
12Wahidatus SholihaHarapan IIIMusabaqoh Qiraatul KutubMa’had UIN FAS Bengkulu
13Muhammad Riza Fahim AziziJuara IMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN Sunan Ampel Surabaya
14Dina Rahmatun Najma JamilJuara IIMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN MAULANA MALIK IBRAHIM
15Halim Munawar SuhaeliJuara IIIMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
16Nehya MunjibaHarapan IMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN Sunan Ampel Surabaya
17Titin RuhiyahHarapan IIMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN MATARAM
18Adinda Insyira PrimadinaHarapan IIIMusabaqoh Hifdzil Qur’anMa’had UIN KHAS JEMBER

(Nur-Alf/Humas)