Berita

“Penghijauan Bersama Warga Kampung Mitra” oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya

Kampung Mitra merupakan kegiatan yang bekerja sama dengan warga dari suatu kampung untuk memajukan kampung tersebut menuju lingkungan yang lebih baik. Pada tahun 2023 lokasi kampung mitra berada di Wonocolo Gang VII, RT 01, RW 05, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kegiatan Kampung Mitra akan dilaksanakan sebanyak 5 kali pelaksanaan. Pelaksanaan kegiatan Kampung Mitra yang terakhir adalah Penghijauan dan Tabung Minyak Jelantah III yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2023.

Kegiatan penghijauan merupakan agenda kegiatan Kampung Mitra dimana warga Kampung Mitra beserta para panitia, volunteer, dan juga mahasiswa baru teknik lingkungan angkatan 2023 melakukan kegiatan penanaman tanaman yang telah disediakan oleh panitia. Tanaman ditanam di pot daur ulang yang sebelumnya dibuat oleh mahasiswa baru teknik lingkungan angkatan 2023 sebanyak 35 buah dari galon le mineral dan dihias sekreatif mungkin. Pot diisi dengan tanah humus dan pupuk kemudian diisi dengan tanaman dan ditambah lagi dengan tanah humus, sehingga tanaman tidak akan goyah apabila terkena angin. Setelah kegiatan penanaman telah selesai, nantinya tanaman akan diberikan kepada warga Kampung Mitra.

Acara selanjutnya adalah games dengan peserta warga Kampung Mitra dan mahasiswa baru teknik lingkungan angkatan 2023. Para warga Kampung Mitra berpasangan dengan mahasiswa baru untuk melakukan games sunggih tempeh. Warga Kampung Mitra sangat bersemangat saat games sedang berlangsung, pemenang dari games sunggih tempeh akan mendapatkan awarding dari panitia. Kemudian sebagai bentuk apresiasi pot daur ulang yang dibuat oleh mahasiswa baru teknik lingkungan angkatan 2023 pot bunga paling kreatif akan mendapat hadiah. Sebagai penutup kegiatan Kampung Mitra awarding juga diberikan kepada warga Kampung Mitra dalam beberapa kategori sesuai penilaian dari panitia.

Untuk menutup acara penghijauan warga Kampung Mitra, panitia, volunteer, dan mahasiswa baru teknik lingkungan angkatan 2023 dilakukan sesi dokumentasi dan ucapan terima kasih dari beberapa pihak, diharapkan kegiatan Kampung Mitra dapat bermanfaat bagi warga Kampung Mitra dan warga HMTL. Tidak lupa setelah acara penghijauan para warga dihimbau mengumpulkan minyak jelantah kepada panitia. Acara penghijauan dan tabung minyak jelantah III selesai pada pukul 11.59 WIB.