Berita

@adminuinsa

Friday, 4 February 2022

PENGEMBANGAN PURWARUPA APLIKASI 'DHERMA MOMOHAN' SUKSES JADI SKRIPSI KREATIF PERTAMA UINSA

UINSA Newsroom, Jumat (04/02/2022); Perjalanan perkuliahan bukanlah hal yang mudah, jika dipikirkan banyak problematika dan lika-liku kehidupan perkuliahan yang harus dilewati para mahasiswa dan mahasiswi Kampus Merdeka UIN Sunan Ampel Surabaya. Terlebih lagi bagi mahasiswa dan mahasiswi Tingkat Akhir yang sedang berjuang untuk mendapatkan gelar kebanggaannya. Banyak dari mereka merasa lelah dan letih menghadapi problematika Tugas Akhir yang biasa dikenal dengan istilah “SKRIPSI.”

Bagi pejuang veteran, Skripsi adalah karya monumental mahasiswa yang menjadi beban dan hambatan untuk melangkah ke jenjang berikutnya. Padahal semestinya pembuatan Skripsi diharapkan mampu untuk dijadikan bahan evaluasi para mahasiswa dalam menerapkan teori yang diperoleh di bangku kuliah, khususnya untuk menganalisis kejadian ilmiah yang ada disekitar.

Hingga beragam jenis Skripsi dicetuskan Kampus Merdeka UIN Sunan Ampel Surabaya. Mulai dari Skripsi ilmiah, Skripsi berbasis Publikasi Buku, hingga Skripsi Kreatif berbasis Project. Dimana semua jenis Skripsi ini di harapkan dapat mengasah kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan teori keilmuan, sekaligus dapat membantu mahasiswa agar mempunyai skill yang bisa diterapkan ketika kelak masuk di dunia kerja.

Time flies go fast. Sepertinya itu yang dirasakan salah satu Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Fatimala Nur Fauzi atau yang biasa dikenal dengan panggilan Mala, adalah salah satu mahasiswi semester 7 dari Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Saat ini, ia telah menyelesaikan sidang Munaqosah dan lulus bersyarat dengan membawa karyanya yang briliant.

Karya yang muncul sejak pertengahan masa perkuliahan dan telah dirancang demi memenuhi tugas perkuliahan, ternyata sekarang bisa membawanya menyelesaikan Tugas Akhir Kuliah untuk meraih gelar Strata-1 Program Studi Ekonomi Syariah dengan memilih kategori jenis Skripsi Kreatif. Sebagai upaya dalam memberikan impact dan perkembangan bagi start up sosial yang ada disekitar.

Bukan sembarang skripsi seperti pada umumnya, Skripsi Kreatif yang di pilih Mala adalah salah satu terobosan baru yang pertama kali hadir di tengah lingkungan Sarjana UINSA Surabaya. Karya tersebut adalah aplikasi bisnis sosial “Dherma Momohan.” Business &  Charity Platform yang dirancang sendiri oleh Mala menggunakan software programming sederhana berbasis android. Dengan memadukan konsep dasar sistem pemrograman sederhana yang bisa memberikan fitur dan layanan untuk meningkatkan kemaslahatan bagi penggunanya. Karya ini juga telah berhasil masuk pada peringkat ketiga dan masuk pada 10 karya terpilih yang lolos untuk mendapat pendampingan dan pengembangan lanjutan pada event Start Up Pitch Competition yang diselenggarakan oleh KNEKS, iPortal, dan BSI.

Meski pada awalnya dia tidak yakin untuk membawa karyanya menjadi bahan Skripsi dan pemenuhan Tugas Akhir Kuliah. Namun dengan dukungan dan tekad yang ada disekitarnya, khususnya Achmad Room Fitrianto, Ph.D., selaku Ketua Program Studi dan sekaligus dosen pembimbing. Achmad Room lah yang sejak awal semester 4 ketika menempuh matakuliah aplikasi komputer telah mengarahkan, memberikan masukan dan ikut serta berperan penting dalam perjalanan akhir semester Mala. Hingga akhirnya karya tersebut bisa menjadi Skripsi Kreatif pertama yang digunakan untuk pemenuhan Skripsi jenjang S1.

Purwarupa aplikasi yang diberi nama Dherma Momohan tidak dapat dipungkiri diinspirasi dari kondisi pandemic covid 19. Dimana tingkat kedermawanan masyarakat Indonesia untuk saling menguatkan cukup tinggi. Selain itu, fenomena decluttering, yang memanfaatkan barang yang kurang berguna sebetulnya juga terinspirasi dari Good Sammy dan Salvos di Australia yang membuka charity berupa barang barang bekas. Barang bekas tersebut di jual dan dilelang kemudian dana yang terkumpul digunakan untuk kegiatan sosial. Kedepan, Purwarupa aplikasi ini diharapkan bisa menjadi start up sosial yang mampu menjembatani masalah sosial di masyarakat, Insyaallah.