Berita

@adminuinsa

Wednesday, 2 February 2022

UINSA SURABAYA: TINGKATKAN KAPASITAS AKADEMIK, BANGUN KARAKTER BAIK

UINSA Newsroom, Rabu (02/02/2022); Kunjungan dalam rangka pengenalan kampus UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali digelar. Kali ini, SMA Al-Irsyad Surabaya memboyong 105 Siswa-siswinya berkunjung ke kampus yang berlokasi di Jl. A. Yani No 117 Surabaya tersebut. Didampingi 10 guru, kegiatan ini disambut langsung Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UINSA Surabaya, Dr. H. AH. Fajruddin Fatwa, S.Ag., SH, MHI, Dip. Lead.

Pada kesempatan ini, siswa-siswi SMA Al-Irsyad Surabaya diberikan wawasan tentang Perguruan Tinggi, sekilas pengenalan kampus UINSA Surabaya, serta motivasi-motivasi untuk senantiasa menuntut ilmu. Selain itu, disampaikan pula pengenalan akademik dan jalur masuk UINSA Surabaya bersama Koordinator Bagian Akademik, Abdullah Rofiq Mas’ud, SK., MM. Dilanjutkan dengan pengenalan kegiatan kemahasiswaan dari Bagian Kemahasiswaan dan Alumni bersama Dra. Alful Laila, MM., Sub Koordinator Bidang Pemberdayaan Alumni.

Wakil Dekan FSH yang akrab disapa Fajar yang juga merupakan Putra salah satu Pendiri Yayasan Al Irsyad ini mengaku sangat bangga menyambut rombongan dari SMA Al-Irsyad Surabaya. Dalam paparannya, Dr. Fajar secara khusus menyampaikan bagaimana UINSA Surabaya sangat layak untuk dijadikan destinasi pendidikan tinggi. Salah satunya, karena UINSA Surabaya tidak hanya fokus pada pendidikan akademik dalam proses pembelajarannya, tapi juga pendidikan karakter. Hal ini tercermin dalam tagline UINSA Surabaya, yakni Building Character for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

“Mengapa? Yarfaillahulladzina Amanu Minkum Walladzina Utul Ilma Darojat (QS. Al Mujadalah. 11, red). 1+1=2. Saya pergi ke 14 negara jawabannya sama. Tapi, derajatmu akan terangkat jika kau bertaqwa dan memiliki ilmu,” ujar Dr. Fajar memotivasi.

Dr. Fajar juga menjelaskan, bahwa banyak orang hebat dan pintar, tapi mereka melakukan perbuatan tercela seperti korupsi dan berbuat curang. Hal itu dinilai Dr. Fajar karena kehebatan dan kepintaran yang dimiliki tidak dibarengi dengan karakter yang baik. “Oleh karena itu, UIN Sunan Ampel Surabaya bukan hanya memastikan akademik anda. Tapi juga memastikan pembangunan karakter anda,” terang Dr. Fajar.

Dr. Fajar secara khusus juga menekankan pentingnya membangun motivasi diri sebelum memutuskan akan berkuliah. Karena menurut Dr. Fajar, motivasi menjadi hal pertama yang harus disiapkan sebelum akhirnya memutuskan kampus mana yang ingin dituju.

Di UINSA, lanjut Dr. Fajar, sedikitnya memiliki empat daya tawar bagi para calon mahasiswa baru. Yakni, Academic Discovery, tidak hanya melanjutkan pembelajaran tapi juga meningkatkan kapasitas akademik yang dimiliki; Network Development, kualitas pendidikan yang ditawarkan memiliki standard internasional dengan adanya kerjasama dengan kampus-kampus di dalam dan luar negeri; Professional Achievement, memiliki kredibilitas yang diakui lembaga bereputasi dengan diraihnya akreditasi A; dan Personal Choice, UINSA bertekad hanya memberikan kualitas dan jaringan akademik terbaik bagi mahasiswa.

Ainur Rohim, S.Ag., Kepala SMA Al-Irsyad Surabaya menyampaikan terima kasih atas sambutan dari UINSA Surabaya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana menimba ilmu bagi siswa-siswinya serta mengenal lebih dekat UINSA Surabaya. “Anak-anak sekalian yang saya cintai, mari kita sama-sama belajar, bahwa tempat pendidikan salah satunya yang terbaik dimiliki oleh UINSA,” ujar M. Ainur Rohim.

“Mudah-mudahan cita-cita dan harapan anak-anak yang ingin masuk lewat jalur undangan ataupun lewat SBMPTN, atau ada yang SPAN PTKIN dan lain sebagainya bisa tercapai dan di-ijabah oleh Allah SWT,” tukas M. Ainur Rohim penuh harap. (Nur-Chy/Humas)