Berita
Pengembangan Desain Pembelajaran FEBI

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan kegiatan pengembangan desain pembelajaran yang disampaikan oleh Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd., selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya di GreenSA Inn, Juanda Sidoarjo Kamis (22/09/2022). Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya Dr. Sirajul Arifin, S.Ag., S.S., M.E.I.

Kegiatan ini didasari rekomendasi temuan audit mutu internal pada rapat tinjauan manajemen di bidang standard pembelajaran, selain itu kegiatan ini dilandasi adanya nota dinas Rektor tentang juknis implementasi dan monitoring berkala penjaminan mutu, dan nota dinas Dekan tentang juknis penyiapan dan unggah dokumen perangkat perkuliahan. Kemudian, penyusunan rencana pembelajaran semester (RPS) menjadi kebutuhan bagi setiap dosen sebelum melakukan pembelajaran. Dosen harus senantiasa memperhatikan capaian pembelajaran lulusan dan capaian pembelajaran mata kuliah.

Kegiatan semi pelatihan yang dilaksanakan hampir sehari penuh ini dipandu secara langsung oleh narasumber Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd selaku Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Bapak Asep sapaan akrabnya, menekankan pada perumusan CPL maupun SPMK menjadi syarat utama RPS dapat dirumuskan. “Capaian pembelajaran lulusan (CPL) menjadi hak prerogatif di setiap program studi, sementara capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK) dibuat oleh masing-masing dosen. Sub CPMK dapat include pada kemampuan akhir pertemuan” ungkap Dr. A. Saepul Hamdani, M.Pd.

Di sela-sela pelatihan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya melakukan kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia. Sebagai tambahan, pada sesi akhir kegiatan dilanjutkan dengan pembagian rumpun matakuliah dan direkomendasikan untuk dibuat konsorsium bidang ilmu melalui keputusan Dekan yang akan segera dibentuk dalam waktu dekat. [mij]

Berikut materi kegiatan pengembangan desain pembelajaran FEBI

1. Sebaran matakuliah dan dosen

2. Pengembangan RPS di FEBI

3. Rumpun matakuliah

Dokumentasi kegiatan bisa dilirik di link berikut https://youtu.be/nqWy1b2wYw4