Berita

Pada Selasa, 30 Januari 2024 dilakukan kegiatan pengabdian kolaboratif Program Studi Ekonomi Syariah dan Fakultas Pusat Pengkajian Pendidikan Jarak Jauh Universitas Sains Malaysia (USM). Tema kegiatan ini adalah “Sociopreneur Development and Halal Certification Assistance Program on Business Community Products in Tourist Villages”

Bersama Dr Rafisah Mat Radzi dari USM, mahasiswa, dan beberapa dosen Prodi ES di antaranya Dr. Lilik Rahmawati, S.Si., M.EI, Achmad Room Fitrianto, Ph.D., Dr Mazroatus Sa’adah, M.Ag, Dr. Imroatul Azizah, M.Ag, Dr. Sri Wigati, M.EI, Muhammad Iqbal Surya Pratikto, M.SEI, Masadah, M.H.I, M.Pd.I, Siti Kalimah, M.Sy., dan Saqofa Nabila Aini, S.E., M.Sc. Kegiatan pengembangan Sociopreneur dan pendampingan halal dilaksanakan bagi komunitas bisnis di dua desa wisata yaitu wisata Setigi Sekapuk dan wisata Gosari Kecamatan Pangkahwetan Kabupaten Gresik.

Penyelenggaraan pengembangan Sociopreneurship dan pendampingan halal sebagai respon atas kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh pelaku usaha produk makanan dan minuman serta jasa yang terkait dengannya yang wajib bersertifikat halal pada 17 Oktober 2024.

Dalam pengabdian kolaboratif ini, Dr Rafisah Mat Radzi dari USM berkesempatan melakukan sharing session tentang praktek sociopreneurship dan jaminan halal yang berkembang di Malaysia. Dalam paparannya, sociopreneurship di Malaysia melibatkan beragam komunitas. Komunitas masyarakat setempat, sebagai contoh komunitas orang asli Ulu Legong Baling Kedah. Komunitas kelompok agama, contohnya komunitas pondok Tahfiz Muhamadiah Carok Talah Jeneri Sik Kedah. Komunitas pekerja sebagai contoh komunitas pekerja makcik sekitar Bukit Mertajam Pulau Pinang.

Sebagaimana sociopreneurship yang berjalan di Malaysia, potret sociopreneurship di Desa Wisata Sekapuk dan Gosari juga melibatkan beragam komunitas. Terdapat kelompok sadar wisata (Pokdarwis), komunitas ibu-ibu PKK, komunitas pemuda Karang Taruna, juga komunitas bisnis kuliner area wisata.

Komunitas bisnis kuliner area wisata Setigi dan Gosari belum ada yang mempunyai sertifikasi halal. Pada pendampingan sertifikasi halal ini, tim pendamping memberikan sosialisasi tentang kewajiban sertifikasi halal yang mulai diterapkan pada tanggal 17 Oktober 2024. Selain itu tim pendamping juga memaparkan dampak positif sertifikasi halal bagi peningkatan daya saing dan pengembangan produk yang dijual.

Kegiatan pengabdian masyarakat Internasional menjadi misi besar setiap institusi pendidikan tinggi. UIN Sunan Ampel Surabaya mendorong kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan komunitas global termasuk mitra kerjasama luar negeri. Seiring dengan fenomena globalisasi, menjadi kesempatan tersendiri bagi akademisi untuk mengembangkan ilmu dalam cakupan yang lebih luas serta memperluas jaringan kerjasama keilmuan.

Berita

Seminar Nasional Raden Rahmat Law Fair 2024

Selasa, 15 Mei 2024 FSH UINSA menyelenggarakan acara seminar nasional yang bertempat

Berita

Raden Rahmat Law Fair Acara Tahunan UKM LDC FSH UINSA

Raden Rahmat Law Fair acara tahunan bergengsi yang digelar oleh Law Debate