Berita

Teknik Lingkungan

Tuesday, 5 July 2022

Pemenuhan Kompetensi Lulusan sebagai calon insinyur lingkungan, Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Saintek UINSA Melaksanakan Praktikum Lapangan di Provinsi Bali.

Pada hari Rabu hingga Sabtu, 22-25 Juni 2022, Prodi Teknik Lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Praktikum Lapangan. Praktikum Lapangan yang bertempat di Provinsi Bali ini diselenggarakan dalam rangka pemenuhan kompetensi mahasiswa sebagai calon insinyur Teknik Lingkungan dalam rekayasa lingkungan. Lokasi tujuan praktikum lapangan antara lain ke Perumda Tirta Amertha Jati Kab. Jembrana yaitu meninjau Bendungan Benel dan IPA (Instalasi Pengolahan Air Minum), DSDP (Denpasar Sewerage Development Project): meninjau IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Suwung di Denpasar dan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar meninjau IPA.

Ketua Prodi Teknik Lingkungan, Abdul Hakim dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan bahwa praktikum lapangan ini penting untuk dilakukan sebagai bagian dari pemenuhan kompetensi lulusan Teknik Lingkungan untuk mengetahui secara nyata bentuk rekayasa lingkungan terutama untuk pengelolaan air bersih dan air limbah.  “Dengan demikian, upaya rekayasa lingkungan dapat diterapkan” ujar Abdul menegaskan. Sekretaris Prodi Teknik Lingkungan, Ida Munfarida menambahkan bahwa mahasiswa Teknik Lingkungan yang tidak terjun ke lapangan akan menghasilkan mahasiswa yang diragukan keahliannya, kemampuan praktikum di laboratorium sama pentingnya dengan praktikum lapangan ini.

Sementara itu, pada hari pertama kunjungan, di awal sambutannya, Bapak Ida Bagus Kerta Negara SH, M.Si dari  Perumda Tirta Amertha Jati Kab. Jembrana menyambut dan memberikan apresiasi kepada mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam rangka kuliah lapangan di Perumda Tirta Amertha Jati Kab. Jembrana. Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan lokasi. Mahasiswa meninjau lokasi Bendungan Benel, intake IPA serta pengolahan air berish di IPA Amertha Jati Kab. Jembrana.

Kuliah Lapangan di Perumda Tirta Amertha Jati Kab. Jembrana

Kuliah Lapangan di Bendungan Benel

Kuliah Lapangan dilanjutkan pada hari kedua, pada awal sambutannya, Bapak I Putu Sujana, ST selaku Kepala Seksi Pelaksana Teknis Dinas PUPRKIM Provinsi Bali memberikan apresiasi dan menyambut dosen serta mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya untuk belajar secara langsung di IPAL Suwung dan IPLT. I Putu Sujana menjelaskan sejarah instansi, sistem pengolahan IPAL dan IPLT hingga permasalahan-permasalahan yang terjadi di IPAL dan IPLT. Setelah pemaparan materi, mahasiswa meninjau lokasi IPAL dan IPLT. Kuliah lapangan diakhiri dengan kunjungan pada IPA di Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

Kuliah Lapangan di Dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Kuliah Lapangan di IPAL Suwung, Dinas PUPRKIM Provinsi Bali

Kuliah Lapangan di IPAL Belusung Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar