Berita

"Pelatihan Public Speaking" oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2023

Surabaya, 04 Juni 2023 — Pelatihan Public Speaking merupakan salah satu program kerja dari Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Keagamaan (PSDMK) dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya 2023/2024. Pelatihan Public Speaking kali ini  mengusung tema “Advance your skill and be a good speaker” yang memiliki suatu makna dan harapan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara didepan publik dan menjadi  pembicara yang baik dengan penuh percaya diri.

Public Speaking merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh seseorang. Dengan kemampuan public speaking yang dimiliki, ia akan dilihat sebagai pribadi yang berkualitas. Karena public speaking tidak hanya diperlukan oleh mereka yang berprofesi sebagai pembicara publik seperti guru ataupun dosen. Tapi juga oleh mereka yang memiliki kebutuhan untuk bersinggungan dan berkomunikasi dengan banyak orang, seperti mahasiswa. Jika ia tidak memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi dengan orang lain, tentu akan mengganggu hal-hal yang dikerjakan. Sehingga hal ini juga diperlukan pengetahuan yang cukup mengenai teknik public speaking agar mahasiswa dapat memiliki rasa percaya diri dan lancar saat berbicara di depan umum.

Motto dari kegiatan Pelatihan Public Speaking ini adalah pada Q.S. Al- Fatir ayat 10. Ayat ini menerangkan bahwa hendaknya kita mengatakan perkataan yang baik demi mendapatkan kemuliaan Allah SWT. Sebagaimana memiliki arti : “Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur” (Q.S. Al-Fatir : 10 ).

Demi terlaksananya kegiatan ini, maka diawali dengan penyebaran pamflet kegiatan “Pelatihan Public Speaking” ini dimulai pada  tanggal 29 Mei 2023 melalui media sosial seperti Whatsapp. Pendaftaran dimulai tanggal  29 mei – 03 Juni 2023. Peserta dapat mendaftarkan diri melalui CP yang tertera di pamflet atau melalui link http://bitly.ws/FJWx setelah itu terdapat grup khusus untuk para peserta. Pelatihan ini dilaksanakan secara luring pada tanggal 04 Juni 2023 bertempat di Kampus II UINSA Gunung Anyar, Ruang kelas 8.5 & 8.8. Pelatihan ini diawali dengan pengerjaan pre-test oleh masing-masing peserta yang telah disediakan oleh panitia.

Materi tentang public speaking kali ini dibawakan oleh Kakak Fahrul Reza Usman, S.T. Beliau merupakan alumni mahasiswa Teknik Lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya yang memiliki wawasan cukup luas dalam berbagai pengalamannya. Kegiatan ini diikuti oleh 37 Peserta.

Diakhir acara peserta dimohon untuk mengerjakan post-test yang telah disediakan oleh panitia guna mengetahui pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan oleh pemateri, lalu akan dibagi menjadi beberapa tim untuk diberikan KPP (Kegiatan Pasca Pelatihan) berupa membuat power point dengan tema “perubahan iklim” yang kemudian akan dipresentasikan oleh masing-masing tim dengan dinilai langsung oleh juri. Hasil KPP terbaik akan diberi hadiah. Juara I diraih oleh kelompok 1 dan Juara II diraih oleh kelompok 6.

Kami ucapkan terima kasih kepada teman-teman peserta, dan panitia  yang telah menyiapkan serta bertugas pada sebelum dan saat hari H pelaksanaan kegiatan. Semoga Dari Kegiatan Pelatihan  Public Speaking. yang mengangkat tema “Advance your skill and be a good speaker” ini diharapkan dapat menambah ilmu yang bermanfaat dan pengalaman yang baik untuk para peserta kedepannya.