Sesi teori pelatihan K3 yang dilangsungkan secara daring

Minggu, 15 Oktober 2023. Tim Inoverselab dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya dengan bangga mengumumkan berhasilnya pelaksanaan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang berlangsung di Kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi, yakni sesi Teori dan Praktik.

Mahasiswa diajarkan untuk berani mengatasi api dengan karung goni

Sesi teori telah dilaksanakan pada Jumat, 6 Oktober 2023, sementara sesi praktik dilaksanakan pada 15 Oktober 2023 mulai pukul 07.00 hingga 12.00. Pelatihan K3 diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Program Studi Matematika. Sesi teori menghadirkan narasumber yang berkompeten yaitu Dedy Suprayogi, M.KL. dan Ninik Fadhillah, M.Si yang menjelaskan pengetahuan dasar K3.

Mahasiswa dilatih menggunakan APAR dengan teknik yang benar

Pada sesi praktik, kegiatan dimulai dengan pengarahan mengenai sistem pemadaman api menggunakan karung goni, APAR, dan Hydrant oleh Danru Udin, Danru Ali, dan Danru Huda. Pentingnya pemahaman praktis ini tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), tetapi juga membentuk mahasiswa menjadi tim yang lebih tangguh dan peduli terhadap keselamatan sesama.

Praktik menggunakan alat hydrant untuk memadamkan api

Pelatihan ini mencerminkan komitmen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan kondusif. “Kegiatannya seru sekali dan gak membosankan”, ujar Nurul, salah satu mahasiswa baru prodi Matematika UINSA. Selain itu, para mahasiswa lainnya juga menyampaikan terima kasih kepada tim instruktur dan panitia yang telah berupaya keras dalam menyukseskan pelatihan ini.

Mahasiswa Prodi Matematika FST UINSA berpose bersama