Berita

Asembagus, Situbondo 29 Desember 2022. Prodi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi narasumber pada kegiatan pelatihan dan sosialisasi Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) berbasis aplikasi website dan mobile yang diberi nama PATERAK di Kantor Desa Asembagus Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.

Proses pengerjaan aplikasi berlangsung 3 bulan dimulai dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang telah terlaksana pada bulan Oktober 2022 bersama segenap perangkat desa dan tim TPST desa Asembagus. FGD tersebut menjadi penting untuk mengetahui secara langsung bagaimana proses pengelolaan sampah berbasis aplikasi yang akan dibangun sehingga dapat diterjemahkan menjadi UML (Unified Modelling Language) dan selanjutnya masuk pada pengerjaan aplikasi.

Hadirnya aplikasi Bank sampah merupakan solusi terhadap pengelolaan sampah di Desa Asembagus yang selama ini menjadi persoalan yang serius. Sampah baik dari rumah tangga maupun kantor dan bidang usaha khususnya kuliner cukup banyak dan Asembagus sendiri tidak memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sendiri, sehingga jika tidak dikelola dengan baik maka tentu saja akan mengganggu keindahan dan juga kesehatan warganya.