Berita

Pantai Permata Pilang, Kota Probolinggo, Jawa Timur pada Selasa (26/07/22) pagi hingga sore disibukkan dengan pelatihan Ecoprint Batik. Sebanyak 50 perempuan mengikuti pelatihan di pantai yang terbentuk akibat erupsi Gunung Bromo tahun 2010 tersebut. Mereka terdiri dari pemerintah daerah, LPM, PKK, RT/RW, POKDARWIS, dan organisasi kepemudaan Karang Taruna.

Acara yang dilaksanakan di antara pepohonan pinus ini digagas oleh Prodi Sarjana Ilmu Kelautan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Jurusan Kimia Universitas Negeri Malang (UM). Kedua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Probolinggo.

Mengusung tema Pelatihan Batik Ecoprint Dari Vegetasi Pantai Sebagai Alternatif Cindermata Khas dan Unik Pantai Permata, berlangsung selama satu hari penuh. Dibimbing langsung oleh dosen-dosen yang ahli di bidangnya dari kedua PTN tersebut, dibantu oleh sejumlah mahasiswa. Turut hadir tim dari Dispopar kota Probolinggo, Camat Kademangan dan Lurah setempat.