Berita

Syariah dan Hukum

Thursday, 21 July 2022

Menyongsong Tahun Ajaran Baru Fakultas Syariah dan Hukum Bentuk Tim Reviu Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa

Jum’at, 15 Juli 2022 Tim Reviu Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa, Fakultas Syariah dan Hukum mengadakan rapat tindaklanjut terkait perubahan panduan penulisan karya tulis mahasiswa. Sebenarnya keberadaan Tim ini tidak hanya melakukan perubahan panduan penulisan karya ilmiah, melainkan menyusun beberapa rumusan yang baru sesuai dengan kebutuhan akademis pada Fakultas Syariah dan Hukum.

Tim yang dipimpin oleh Dr. Imron Mustofa, S.H.I., M, Ud ini rencananya akan memfinalisasi beberapa kekurangan terhadap Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa yang sebelumnya telah dikerjakan hampir 80%. “Sebelumnya di Fakultas Syariah dan Hukum memang tidak ada panduan penulisan karya ilmiah mahasiswa, yang ada ialah panduan penulisan skripsi. Oleh karena itu, Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk merumuskan dan memberikan rambu-rambu terkait dengan seluruh produk akademis di Fakultas Syariah dan Hukum yang keluaranya berbentuk tulisan ilmiah”. Paparnya.

Rencananya terdapat beberapa poin yang akan diatur dalam Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa ini, diantaranya: 1) Tugas Makalah/Artikel, 2) Proposal Skripsi dan 3) Naskah Skripsi. Selain tiga poin diatas ada beberapa pembahasan yang sampai saat ini belum terselesaikan dan menjadi perhatian penting oleh Tim Reviu, diantaranya ialah Metodologi Penulisan Skripsi, yang rencananya akan di reviu sesuai dengan Sui Generis ilmu hukum dan keluaran karya akhir mahasiswa berupa Buku, Jurnal, Eksaminasi, Legal Memorandum, dll yang disetarakan.

Harapanya ke depan tentu dengan hadirnya Buku Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa di Fakultas Syariah dan Hukum ini dapat bermanfaat dan meningkatkan kualitas serta kridibilitas hasil kepenulisan mahasiswa di Fakultas Syariah dan Hukum.

Tim Reviu Panduan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa:

  1. Sholihuddin, MHI
  2. Imron Mustofa, S.H.I., M.Ud.
  3. Marli Candra, LLB (Hons), MCL.
  4. Elva Imeldatur Rohmah, M.H
  5. Zainatul Ilmiyah, MH
  6. Auliya Ghazna Nizami, Lc., MH
  7. Rizky Abrian, M.Hum.
  8. Mukhammad Nur Hadi, M.H
  9. Moh. Bagus, M.H

Sholeh