LPM Newsroom, Rabu (2/08/2023); LPM UIN Sunan Ampel Surabaya menyelenggarakan Kegiatan Best Practices Experiential Learning UINSA (Better UINSA) Series-1. Kegiatan dilakukan dalam rangka penguatan pembelajaran sebagai refleksi kinerja mutu pembelajaran dosen sehingga kedepan terwujud budaya mutu akademik secara berkelanjutan.

Kegiatan dimulai dengan laporan Ketua LPM Dr. Ali Mustofa, M. Pd menyampaikan,”Pelaksanaan Better UINSA penting dilakukan dalam rangka realisasi Regulasi Operasional BAN-PT/LAM dan RSB UINSA 2020-2024; Rekomendasi Asesor BAN PT-LAM pada Asesmen Lapangan kurun Waktu 5 Tahun Terakhir; Resolusi Rektor Tahun 2022 dan 2023; PSU (Proyek Strategis Universitas) Rektor tahun 2023, Mitigasi model Pembelajaran serta  sebagai tindak lanjut dari Temuan AMI standar proses pembelajaran dan standar penilaian pembelajaran. Kegiatan ini rencana akan dilakukan di setiap semester. Harapannya akan terwujud budaya mutu akademik baik dalam pembelajaran”.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan presenter better yang di pandu langsung oleh Ketua Pusat Pendampingan dan Pengembangan Mutu Mahasiswa pada LPM, Holilah, M.Si. Terdapat 10 orang praktikan yang menjadi presenter better mewakili masing-masing UPPS dengan materi better berbeda yaitu pertama, Prof. Dr. Kuasairi dari Pascasarjana dengan materi Kolaborasi publikasi dosen mahasiswa; kedua, Dr. Ria Qadariah Arief dari Fakultas Psikologi dan Kesehatan dengan materi Modul pembelajaran; ketiga, Lisanul Uswah Sadieda, M.Pd. dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dengan materi Pola feedback pembelajaran; keempat, Lian Fuad, Lc., MA. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan materi Penggunaan Learning Manajemen System pembelajaran;

Kelima, Dr. Ach. Siddiq dari Fakultas Ushuluddin dan Filsafat dengan materi Model pembelajaran integrasi penelitian; keenam, Dr. Amal Taufiq, S.Pd.M.Si dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan materi Model pembelajaran integrasi pengabdian; ketujuh, Ir. Teguh Taruna Utama, ST., MT. dari Fakultas Sains dan Teknologi dengan materi Model pembelajaran integrasi twin towers; kedelapan, Dr. Muflikhatul Khoiroh dari Fakultas Syariah dan Hukum dengan materi Rencana Pembelajaran Semester sesuai SPMI UINSA; kesembilan, Fathin Masyhud dari Fakultas Adab dan Humaniora dengan materi Pendekatan strategi dan metode Pembelajaran dan kesepuluh, Dra. Psi. Mierrina, M.Si. dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan materi Rubrik dan hasil penilaian.

Selanjutnya adalah sesi review dari expert oleh Dr. Wiwik Sri Utami, M.P. Secara keseluruhan narasumber mengapresiasi pelaksanaan Better yang sudah dilakukan oleh UINSA sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas mutu pembelajaran.

Kegiatan Better diakhiri dengan closing statement dari Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, Grad Dip. SEA. M. Ag. M.Phil. Ph.D mengatakan,”dengan kegiatan Better ini ada dua hal yang dilakukan oleh seluruh dosen agar terwujud peningkatan budaya mutu akademik yang berkelanjutan di UINSA, yaitu replikasi dan masifikasi. Dosen melakukan replikasi better dan selanjutnya melakukan masifikasi terhadap seluruh pembelajaran dan dilakukan oleh seluruh Dosen UINSA”.

Kegiatan dilakukan secara daring melalaui link zoom yang diikuti oleh seluruh civitas akademika UINSA meliputi: Ketua, Sekretaris, dan Komisi Senat Akademik Universitas; Anggota Senat Akademik Universitas; Wakil Rektor; Kepala Biro; Dekan dan Direktur; Ketua Lembaga dan SPI; Wakil Dekan dan Wakil Direktur; Kepala UPT dan Sekretaris; Kepala Pusat pada Lembaga; Ketua dan Sekretaris GKM; Ketua dan Sekretaris Program Studi; Kepala Laboratorium; Koordinator, Sub Koordinator pada Biro AAKK dan AUPK; Koordinator/Kepala Bagian/Sub Koordinator Fakultas dan Pascasarjana, Seluruh Dosen dan JFT Pengembang Teknologi Pembelajaran. [lila]

UINSA Surabaya:

 Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

LPM UINSA Surabaya:

 Prosedural, Quick Respons, Transparan

#BanggaUINSA

#AyoKuliahdiUINSA

#ItsMyDream

#ItsMyDestination

#UINSASurabaya

#UINSAJaya

#UINSAAkreditasiA

#UINSA(2)UniRank

#UINSAISOCertified