Berita

Prodi Hubungan Internasional

Monday, 22 August 2022

Mengenal Tugas Perwakilan Negara, Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional Mengunjungi Kantor Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya

Dalam rangka mengenalkan kantor dan tugas perwakilan negara sahabat RI kepada mahasiswa, Program Studi Hubungan Internasional UIN Sunan Ampel Surabaya (Prodi HI) melaksanakan kunjungan ke U.S. Consulate General Surabaya pada tanggal 16 Oktober 2019. Kunjungan ini merupakan merupakan agenda rutin yang dilaksanakan tiap semester. Prodi HI ingin memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa untuk lebih mengenal tentang The United States Consular Agency sekaligus bagaimana kemitraan strategis antara RI-AS selama 70 tahun. Mahasiswa dan dosen Prodi HI diterima dengan hangat oleh Konsul Jenderal AS, Mark McGovern. Beliau menyampaikan bahwa pemerintah AS sangat terbuka terhadap kesempatan kerjasama dengan Indonesia, utamanya di bidang pendidikan. “Indonesia adalah negara sahabat baik bagi AS. Ayo silakan berkunjung ke AS untuk sekolah maupun berlibur”, tegasnya.

Dalam sesi diskusi yang berlangsung, mahasiswa berkesempatan untuk mengajukan pertanyaan terkait berbagai isu terbaru relasi RI-AS maupun hal-hal lainnya. Setiap pertanyaan yang diajukan mendapatkan cinderamata dari pihak Konjen AS. Antusiasme mahasiswa untuk bertanya dan berdiskusi pun tak terbendung, sehingga pihak Konjen AS pun membagikan berbagai cinderamata sebagai hadiah.

Di akhir acara, Ibu Rizki Rahmadini Nurika selaku perwakilan dosen Prodi HI sekaligus pengampu mata kuliah diplomasi menerima cinderamata spesial sebagai yang menandai perayaan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS. Semoga kunjungan ini membawa kesan dan manfaat yang baik bagi kedua belah pihak (Ridha).