Berita

@Pendidikan Profesi Guru

Wednesday, 1 June 2022

MEMASUKI UJI KOMPREHENSIF, LPTK UIN SUNAN AMPEL SURABAYA  ADAKAN BRIEFING MAHASISWA PPG DALJAB PAI DAN MADRASAH BATCH 1 Tahun 2022

Surabaya, 01 Juni 2022 LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya menggelar Briefing Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Batch 1 Tahun 2022 dalam rangka mempersiapkan mahasiswa memasuki tahap Uji Komprehensif. Dimulai pukul 13.00, sebanyak 350 mahasiswa PPG PAI dan Madrasah melakukan proses registrasi kegiatan briefing Uji Komprehensif yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom Meeting. Mahasiswa sangat antusias dan serius dalam menyimak pemaparan materi yang disampaikan oleh para nasumber yang dihadirkan dari LPTK, yakni Ketua Program Studi PPG Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i, M.Pd.I dan Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd.

Tepat pukul 13.30 acara dibuka oleh Master of Ceremony (MC) Ibu Wahyuni Fajar Arum, M.Pd dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UINSA. Ketua Pengelola PPG Daljab PAI Tahun 2022 sekaligus Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya hadir langsung membuka sekaligus memberikan sambutannya kepada seluruh peserta briefing. “Selamat saya ucapkan kepada Bapak dan Ibu mahasiswa PPG yang sudah sampai pada titik ini, sudah berhasil menyelesaikan tahapan pembelajaran PPG dari mulai modul pendalaman materi, perangkat pembelajaran, review perangkat pembelajaran & PTK, sampai pada Peer Teaching”, ujar beliau. Dalam sambutannya beliau juga memaparkan bahwa pada Batch 1 ini, alhamdulillah tidak ada mahasiswa/peserta PPG yang mengundurkan diri di tengah berlangsungnya program PPG.

Pemaparan materi terkait mekanisme pelaksanaan Uji Komprehensif disampaikan oleh Bapak Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa Uji Komprehensif yang dilaksanakan selama 3 hari (4, 6, dan 7 Juni 2022) sejatinya merupakan tahapan kegiatan yang harus dilalui oleh mahasiswa dimana mahasiswa mempraktekkan salah satu RPP yang telah disusun dan dikembangkan di hadapan dosen penguji. Selama 30 menit mahasiswa melakukan praktik mengajar dan dilanjutkan dengan proses tanya jawab seputar penguasaan profesional, pedagogik, produk, perangkat dan tes MTQ. Namun, sehari sebelum pelaksanaan Uji Komprehensif, koordinator mahasiswa wajib mengirimkan link video conference melalui aplikasi google meet atau zoom meeting kepada dosen penguji pertama untuk diupload pada LMS SPACE. Setelah 45 menit proses uji komprehensif, mahasiswa juga diwajibkan untuk mengupload hasil rekaman uji komprehensif melalui fitur yang tersedia di LMS.

Sesi pemaparan materi yang kedua terkait pengenalan dan simulasi LMS yang digunakan pada saat uji komprehensif disampaikan oleh Bapak Muhammad Syahru Ahmad, S.Pd selaku tim IT PPG LPTK UIN Sunan Ampel Surabaya. LMS yang digunakan saat uji komprehensif masih sama dengan modul sebelumnya, dimana mahasiswa masuk melalui link https://ppgsiagapendis.com untuk PAI dan https://ppgmadrasah.siagapendis.com untuk Madrasah. Dalam simulasinya, beliau mempraktikkan fitur-fitur yang ada di LMS, dimulai dari cara mengupload RPP, memilih RPP yang akan di ujikan, cara bergabung video conference, sampai kepada pengecekan nilai dari kedua dosen penguji.

Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dengan narasumber. Pertanyaan beragam muncul dari peserta, mulai dari teknis pelaksanaan, platform video conference yang digunakan, rubrik penilaian, perangkat RPP yang diujikan, sampai kepada negosiasi pelaksanaan waktu uji komprehensif. Kedua narasumber menjawab satu persatu pertanyaan dengan sangat detail dan terperinci.