Berita

Kebijakan baru diterapkan pada perguruan tinggi dengan tujuan agar mahasiswa mencoba mengeksplor dunia kerja dengan sistem magang selama satu semester. Mahasiswa Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel, Atik Azzahra Nurfadillah dan Annisa Nur Aini mendapat kesempatan dan pengalaman luar biasa dapat bergabung dalam iNews TV Jawa Timur. Di perusahaan yang bergerak di bidang pertelevisian dengan sajian program berita lokal terkini ini, kedua mahasiswa semester 6 tersebut dapat mengaplikasikan teori-teori mata kuliah yang telah dipelajari selama program magang berlangsung.

Mahasiswi yang magang di iNews TV mendapatkan kesempatan untuk berperan sebagai asisten produser, atau dikenal dengan sebutan aspro. Mereka memiliki tugas penting dalam mendukung kelancaran produksi program-program berita dan informasi. Peran ini mencakup keterlibatan dalam proses perencanaan konten, mulai dari berita mentah hingga siap tayang. Asisten produser sering berkolaborasi dengan produser senior untuk mengidentifikasi topik berita yang relevan dan menarik bagi pemirsa. Tugas mereka termasuk melakukan riset, mengumpulkan informasi, serta membantu menyusun skrip dan naskah untuk memastikan konten program memiliki substansi yang kuat dan informatif.

Selain itu, mahasiswi diminta untuk mengisi suara atau voice over berita yang akan ditayangkan pada hari tersebut. Sebelumnya, mereka dilatih untuk melakukan dubbing atau menjadi dubber berita. Latihan vokal meliputi pengaturan kecepatan, kekuatan, nada suara, hingga teknik pernapasan dada dan diafragma. Latihan ini penting karena topik berita yang disajikan meliputi hot news dan soft news, sehingga intonasi dan mimik wajah harus disesuaikan dengan berita yang disampaikan, karena akan mempengaruhi suara yang dihasilkan. Mahasiswi juga terlibat langsung dalam kelancaran proses siaran berita dan mempelajari suasana serta peralatan yang mendukung siaran berita. Selain sebagai aspro, mereka juga diperkenalkan dengan cara kerja news editor dan studio support di MCR (Master Control Room). Bagi para mahasiswi, terjun di dunia penyiaran atau pertelevisian berita adalah pengalaman pertama yang sangat menyenangkan karena memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan di luar kurikulum akademik. Kesempatan emas ini dimanfaatkan sebaik mungkin, dan relasi baik dengan kru iNews yang siap membantu serta memberikan informasi seputar dunia berita juga sangat dihargai.