Pengarahan awal dari para instruktur sebelum sesi praktik dimulai

Surabaya, 23 September 2023 – Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya menjalani Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang melibatkan mahasiswa, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan di tempat kerja khususnya di area Laboratorium.

Sesi teori yang diadakan pada Hari Jumat, 22 September 2023 menghadirkan 2 narasumber

Rangkaian acara pelatihan ini dimulai dengan sesi teori pada Jumat, 22 September 2023, pukul 18.00 WIB yang diisi oleh para pemateri hebat yaitu Ir. Teguh Taruna, M.T. dan Muh. Ma’arif, S.Pd.  Kemudian, keesokan harinya (Sabtu, 23 September 2023) merupakan sesi praktik pada pukul 07.30-12.00 WIB.

Praktik mengoperasikan alat hydrant oleh para mahasiswa

Sesi praktik mencakup berbagai aspek penting K3, termasuk pemahaman tentang sistem pemadaman api. Salah satu sorotan utama adalah pengarahan tentang sistem pemadaman api yang melibatkan penggunaan karung goni, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan sistem hydrant. Pengarahan dan hands on experience ini akan disampaikan serta dibimbing oleh instruktur berpengalaman, yaitu Danru Udin, Danru Ali, dan Danru Huda.

Mahasiswa juga dilatih untuk menggunakan APAR dalam simulasi kebakaran

“Pelatihan K3 ini adalah langkah nyata dalam mempersiapkan mahasiswa Teknik Sipil untuk menjadi profesional yang bertanggung jawab dan peduli terhadap keselamatan di tempat kerja. Keselamatan adalah prioritas utama kami, dan kami berkomitmen untuk memastikan bahwa para mahasiswa kami memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam situasi darurat,” kata Yuanita Rachmawati, M.Sc. Kepala Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.

Mahasiswa dilatih cara memadamkan api menggunakan karung goni dengan benar

Antusiasme mahasiswa tampak dengan keaktifan bertanya pada saat sesi tanya jawab berlangsung. Di samping memberikan pengetahuan yang berharga, pelatihan ini juga bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat antara sesama mahasiswa pada situasi darurat. Kami percaya bahwa dengan meningkatkan kesadaran K3, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan sehat bagi semua.

Para mahasiswa bersama dengan instruktur yang kompeten dan berpengalaman