Berita

Sebanyak 42 mahasiswa yang tergabung sebagai enomerator survei politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Ampel Surabaya mengikuti acara bimbingan teknis (Bimtes) survei politik di Laboratorium  LIPSSearch (13/09/2023)

Bimbinga teknis ini merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan Pusat Kajian Pedesaan dan Politik Lokal (Pukapol) FISIP UINSA dalam kegiatan riset kolaborasi dosen dan mahasiswa. Nantinya 42 mahasiswa yang mengikuti Bimtes akan turun lapangan melakukan penggalian data survei di 38 Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur.

Menurut Dekan III FISIP, Dr. Moh. Syaeful Bahar M.Si,  bimbingan teknis ini sekaligus sebagai kegiatan peraktik mahasiswa untuk mengetahui bagaimana kerja-kerja riset politik dilakukan baik oleh institusi perguruan tinggi maupun lembaga survei. Menurutnya, kesempatan ini merupakan kesempatan yang dapat memberi pengalaman mahasiswa sebagai peneliti.

Berdasarkan surat keterangan penelitian yang dikeluarkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur Nomor: 070/8660/209/2023 Fisip akan melakukan penelitian 38 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur. Tema penelitian yang dipilih yaitu : Persepsi, perilaku dan preferensi politik pemilih muda Provinsi Jawa Timur pada Pemilu 2024. Tema ini dipilih untuk melihat respon pemilih muda di jawa timur terhadap isu-isu politik terutama yang berkaitan dengan Pemilu.

Hadir sebagai pembicara dalam Bimtes,Direktur Lembaga Survei Sosial dan Politik Cakra Nusantara, Taufiq MS. Dalam kesempatan tersebut Taufiq menekankan pentingnya metode pengambilan survei dan sampel agar data survei memilik tingkat akurasi yang tinggi. Menurutnya hampir semua riset selalu menekankan aspek metodologi sebagai aspek yang paling penting sehingga semua enomerator diharapkan memiliki pemahaman tentang bagaimana penentuan sampel, teknik wawancara dan proses kerja-kerja riset lapangan.

Sebagai penutup Dr. Moh. Syaeful Bahar, M.Si berpesan agar semua enomeratur bisa bekerjasama dengan baik sehingga berhasil menyajikan data yang valid dan akurat sesuai metodologi dan kaidah-kaidah riset. “ selamat bertugas dan jadilan enomerator riset yang baik”.