Berita

Manajemen Pendidikan Islam

Wednesday, 31 August 2022

LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN BERSAMA PRODI MPI ADAKAN PEMBEKALAN PRA PMPI UNTUK MAHASISWA

Persiapan pelaksanaan Praktik Manajemen Pendidikan Islam (PMPI) untuk mahasiswa diadakan pembekalan pra PMPI selama 2 hari pada 30-31 Agustus 2022 secara daring melalui Zoom Meeting.

Dipandu oleh mahasiswa prodi MPI Dian Rizki Kusuma W pembekalan dibuka oleh Ketua Jurusan Pendidikan Islam Bapak M. Nuril Huda, M. Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya pembekalan pra PMPI sebagai salah satu langkah persiapan sebelum mahasiswa benar-benar terjun di lapangan sebagai dunia nyata implementasi manajemen. Beliau berpesan untuk serius selama pelaksanaan PMPI karena PMPI adalah kesempatan untuk belajar.

Pada hari pertama, materi pertama mengenai kebijakan umum pelaksanaan PMPI yang disampaikan oleh Kepala Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Bapak Dr. Taufik, M. Pd. I. Dipandu oleh Rochanita Suci Arifin, disampaikan oleh Pak Taufik bahwa PMPI diikuti oleh 97 mahasiswa dari prodi MPI dan dilaksanakan di 18 lembaga di provinsi Jawa Timur yang terdiri dari kantor kementerian agama, balai diklat, balai Latihan kerja, badan akreditasi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan PMPI selama 8 minggu, mulai 7 September – 2 November 2022. Pak Taufik berpesan agar mahasiswa selalu menjaga nama baik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. Beberapa pertanyaan mahasiswa terkait kebijakan disampaikan dan dijawab langsung oleh narasumber.

Materi kedua tentang kebijakan teknis pelaksanaan PMPI disampaikan oleh Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Dr. H. Muh. Khoirul Rifa’i, M. Pd. I. Teknis pelaksanaan PMPI disampaikan secara detail dengan harapan mahasiswa dapat melaksanakan PMPI secara lancar dengan mengikuti pedoman pelaksanaan. Beberapa kali beliau mengingatkan bahwa mahasiswa membawa nama lembaga, sehingga diharapkan mahasiswa menjaga sopan santun dan memikirkan segala tindakan yang dilakukan selama di lembaga. Dipandu oleh mahasiswa MPI Anjelia Putri Santoso materi kedua disampaikan secara jelas oleh narasumber.

Dilanjutkan materi ketiga dipandu oleh M. Setiawan Nurmasriadin tentang mekanisme pelaporan. Disampaikan oleh Sekretaris Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Bapak Dr. Arif Mansyuri, M. Pd. disampaikan secara detail output dan peilaian PMPI. Beliau menyampaikan dengan jelas mengenai tugas-tugas yang harus dikerjakan yang pada nantinya akan menjadi produk atau output PMPI. Output yang menjadi tugas dari mahasiswa PMPI diantaranya laporan pelaksanaan PMPI, video profil dan artikel jurnal ilmiah.

Kegiatan hari pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab untuk narasumber ketiga.

Hari kedua (31/08/2022) dilanjutkan dengan materi keempat tentang penyusunan artikel pada jurnal ilmiah yang merupkan salah satu tugas mahasiswa PMPI. Disampaikan oleh narasumber yang ahli pada pyblikasu artikel ilmiah yaitu Sekretaris Jurusan Pendidikan Islam Bapak Ahmad Fauzi, M. Pd. Beliau mendorong mahasiswa untuk semangat dalam menulis dan menemukan tema-tema yang menarik untuk dipublikasikan. Pada tahun ini target penilaian artikel jurnal ilmiah hasil karya mahasiswa adalah sampai dengan accepted, artinya akan banyak publikasi kolaborasi antara dosen mahasisiwa pada prodi MPI yang akan meningkatkan kualitas akreditasi prodi.

Materi berikutnya mengenai Learning Management System (LMS) disampaikan oleh tim dari laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu Ibu Reni Wulandari, S. Pd. Pada kesempatan ini mahasiswa diajak untuk melakukan simulasi mengakses LMS aplikasi sampai dengan cara upload laporan. Mahasiswa diminta secara langsung untuk membuka aplikasi dan membuat akun serta mengisi penempatan lokasi PMPI. Antusiasme mahaiswa dalam memperhatikan penjelasan dan mengakses LMS disampaikan secra langsung. Beberapa kendala yang dialami mahasiswa selama membuat akun diberikan solusi secara jelas.

Materi terakhir mengenai pembatan video profil disampaikan oleh Ketua Jurusan Pendidikan Islam Bapak M. Nuril Huda, M. Pd. Dijelaskan tentang kriteria video yang baik serta perangkat apa saja yang dibutuhkan ketika akan membuat video. Diharapkan video hasil karya mahasiswa dapat digunakan oleh lembaga.

Pembekalan Pra PMPI untuk mahasiswa ditutup dengan closing statement dari Kaprodi MPI. Beliau berpesan kepada mahasiswa untuk selalu menjaga nama baik UIN Sunan Ampel Surabaya terutama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sekaligus menyampaikan harapan agar PMPI berjalan dengan sukses dan lancar.