Foto bersama dengan para peserta dan Panelist

Surabaya, 12-14 Oktober 2023. Dalam upaya terus meningkatkan standar kualitas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di laboratorium, Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya mengirimkan Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) untuk berpartisipasi dalam Sertifikasi Kompetensi Petugas K3 Laboratorium. Acara digelar oleh Perhimpunan Pengelola Laboratorium Pendidikan Indonesia di Surabaya Suites Hotel.

Materi kompetensi yang disajikan dalam sertifikasi ini melibatkan pengenalan potensi bahaya di laboratorium dan strategi penanggulangannya. Selain itu, peserta diajarkan cara menyusun dokumen K3 dan mengevaluasi penerapan standar K3 di laboratorium. Adanya pemahaman mendalam terkait aspek-aspek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan lingkungan laboratorium yang nyaman dan aman bagi pengguna laboratorium.

Ninik Fadhillah, M.Si., perwakilan PLP FST UINSA mengikuti sertifikasi dengan antusias

Ninik Fadhillah, M.Si, salah satu PLP FST UINSA, menyatakan, “Partisipasi kami dalam Sertifikasi Kompetensi Petugas K3 Laboratorium adalah langkah nyata dalam menghadirkan lingkungan laboratorium yang berkualitas dan aman. Kami percaya bahwa sertifikasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan di laboratorium tetapi juga memberdayakan petugas K3 untuk mengidentifikasi, mencegah, dan menanggulangi potensi risiko dengan lebih efektif.”

Beberapa kesan yang diungkapkan oleh peserta sertifikasi menyatakan bahwa sertifikasi laboratorium membangun wawasan berpikir mereka tentang cara menciptakan lingkungan laboratorium yang nyaman dan aman. Langkah ini juga diapresiasi sebagai upaya nyata untuk menghadirkan praktik terbaik sesuai dengan standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Partisipasi aktif PLP FST UINSA dalam sertifikasi ini mencerminkan komitmen terhadap pengembangan profesionalisme petugas laboratorium dan menciptakan lingkungan yang mendukung penelitian dan pembelajaran yang aman. Harapannya, upaya ini akan membawa manfaat positif bagi seluruh komunitas akademik dan penelitian di Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Ampel Surabaya.