Berita

UINSA Newsroom, Rabu (25/01/2023); UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menerima kunjungan siswa-siswi dari MA Al Musthofa Mojokerto. Kunjungan ini digelar di Ruang Amphiteater Gedung Twin Tower UINSA Surabaya pada Rabu, 25 Januari 2023.

Rombongan disambut langsung Koordinator Bidang Kerjasama, Kelembagaan, dan Humas (KKH), H. Ahmad Firdausi, S.IP., M.Fil.I., dan Koordinator Bidang Akademik Abdulllah Rofiq Mas’ud, SK., MM.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Koordinator KKH serta Kepala MA Al Musthofa Mojokerto. Dilanjutkan dengan pemutaran video selayang pandang UINSA Surabaya dan paparan materi jalur masuk kuliah di UINSA bersama Koordinator Bidang Akademik.

Dalam sambutannya Koordinator KKH menyampaikan, apapun jurusan yang dipilih siswa-siswi MA Al Musthofa Mojokerto di UINSA Surabaya nantinya akan menjadi penjaga moralitas. “Saya pastikan kalian tidak salah memilih kampus di UINSA silahkan daftar,” ujar H. Ahmad Firdausi.

Koordinator KKH juga menegaskan bahwa, UINSA pastinya memiliki komitmen terhadap alumninya untuk mencari pekerjaan. “Saat ini kami sedang merancang yang namanya Career Center, yang itu kemudian menjadi pusat informasi untuk pengembangan karir alumni,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah MA Al Musthofa Mojokerto H. Chayun, S.Pd.I., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas penerimaan kunjungan di UINSA Surabaya. Ia pun berharap, anak didiknya dapat memantapkan pilihan untuk berkuliah di UINSA.

“Mungkin sebelumnya masih bingung ingin pilih jurusan apa dan bingung mau lanjut kemana, semoga dengan adanya kunjungan ini wis ndek UINSA ae,” pungkasnya.

Dalam pemaparan materi terkait jalur masuk UINSA, Koordinator Bidang Akademik menyebutkan, ada beberapa jalur masuk yang berubah dari tahun lalu. Sehingga dibutuhkan kejelian dalam menentukan jalur masuk dan program studi yang memiliki peluang besar diterima di kampus UINSA Surabaya.

Hal ini lantaran dalam program studi Strata 1 (S1) memiliki dua jenis program di dua kementerian yang berbeda pula. Prodi Keagamaan dibawah naungan Kementerian Agama RI, memiliki jalur seleksi SPAN dan UM PTKIN. Sementara Prodi Umum dibawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki jalur seleksi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Peserta kunjungan nampak antusias. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan seputar beasiswa dan beberapa kesan setelah berkunjung ke UINSA. Antusiasme juga terlihat dari guru dan pendamping yang ikut serta dalam kunjungan. Harapan serta motivasi terus diberikan supaya siswa/i bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapan saya semoga dengan adanya kunjungan ini bisa menambah wawasan anak-anak untuk terus melanjutkan kuliah. Saya akan memberikan semangat agar giat belajar dan memberikan motivasi supaya jangan mudah putus asa,” ujar Ali Inayah, salah seorang guru MA Al Musthofa Mojokerto. (Sal-Irm/Humas)