Berita

Selasa, 28 Maret 2023 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA)  menggelar Seminar Internasional dan Diseminasi hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh  tim peneliti FTK UINSA yang berkolaborasi dengan peneliti dari Universiti Teknologi Brunei Darussalam secara daring. Seminar yang dihelat dengan menggunakan tiga bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab) ini mengusung  tema “Learning Arabics for beginners in Southeast Asia” dengan menghadirkan tiga narasumber dari tiga negara ASEAN yaitu dari Dr. Taufik, M.Pd.I (kepala laboratorium FTK) dari UINSA Indonesia, Dr. Achmad Yani (Senior Assistant Professor and head of undergraduate program of Faculty of Arabic Language) Universiti Islam Sultan Syarif Ali Brunei Darussalam, Dr. Al Muslim bin Mustapa (Head of the arabic language program, Fakulti Pengajian Islam) Universiti Kebangsaan Malaysia.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Prof. Dr. Muhammad Thohir, S.Ag, M.Pd menyampaikan bahwa komitmen Fakultas Tarbiyah dna Keguruan tidak hanya melaksanakan pengajaran saja, tetapi juga melalui penelitian. Penelitian yang dilaksanakan dengan skala internasional ini harapannya dapat memperkokoh posisi UINSA sebagai World Class University. Selain itu, beliau juga menyampaikan harapannya terhadap hasil penelitian yang telah dikembangkan . “Harapannya hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh semua kalangan khususnya untuk belajar bahasa Arab dengan mudah” tutup Prof. Thohir.

Mengawali paparan materi, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA , Prof. Dr. Ali Mudlofir, M.Ag yang juga didapuk sebagai keynote speaker menyampaikan peluang dan tantangan dalam mengembangkan pengajaran Bahasa Arab untuk pemula di Asia Tenggara. Setelah itu presentasi dilanjutkan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UINSA, Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag yang juga sebagai ketua tim peneliti Multi-Language Automatic Translation System (MLATS) Arabics. Dalam paparannya beliau menyampaikan terkait pentingnya dan mengapa penelitian ini harus dilaksanakan.

Pada sesi pemaparan materi yang disampaikan secara panel oleh ketiga pembicara. Materi pertama disampaikan Dr. Taufik, M.Pd.I tentang pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan Aplikasi MLATS Arabics. Aplikasi ini merupakah hasil penelitian yang dikembangkan oleh beliau bersama dengan tim. Pembicara kedua, Dr. Achmad Yani menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Arab bagi pemula di Brunei Darussalam. Dan pembicara ketiga, Dr. Al Muslim menyampaikan materi pembelajaran Bahasa Arab bagi pemula di Malaysia. Di akhir sesi, peserta menyampaikan beberapa pertanyaan kepada pembicara. Peserta terlihat antusias dalam mengikuti seminar terlihat dari jumlah peserta yang konsisten dari awal hingga akhir dan tentunya sesi diskusi yang berjalan sangat interaktif. (ftk)