LPM Newsroom, Selasa 29/8/2023.

Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag, Kepala Subdirektorat Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, mengisi materi Roadmap Peningkatan Kapasitas PTKIN pada Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh PTP UIN Sunan Ampel Surabaya secara daring pada hari Selasa 29/8/2023.

Mengawali materinya ia mengatakan,” Kelulusan Program Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) sangat penting, karena menjadi syarat mengikuti sertifikasi dosen. Sertifikasi dosen menjadi bukti konkrit dosen professional”

Ada beberapa kompetensi yang harus  dimiliki untuk menjadi dosen professional yaitu Penguasaan kompetensi pedagogis yang menjadi target utama, moderasi beragama, penulisan karya ilmiah dan pemahaman akan karir dan jabatan dosen harus dikuasai dengan baik. Tidak semua dosen mempunyai latar belakang ilmu paedagogik yang memadahi, oleh karena itu PKDP memiliki peranan yang sangat signifikan,”Ujarnya.

Ruchman Basori, S.Ag, M.Ag mengisi Kegiatan PKDP pada angkatan IV dan V yang diselenggrakan di Hotel Shoutern mulai tanggal 28 Agustus sampai dengan 2 Sepetember 2023. Di hadapan 89 peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi diantaranya IAIN Ambon, IAIN Sultan Amai Gorontalo, IAIN Ternate, Institut Agama Islam Negeri Fattahul Muluk Papua, Kopertais Wilayah VIII, STAIN Sorong, Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, IAIN Palangkaraya, IAIN Pontianak, Kopertais Wilayah XI, Kopertais Wilayah XIV, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Institut Agama Islam Negeri Madura dan berbagai Perguruan Tinggi Swasta Kopertais Wilayah IV dan Institut Agama Islam Negeri Bone menyampaikan harapannya,” semoga dengan kegiatan ini kompetensi dosen semakin meningkat, baik dibidang pengetahuan (knowledge), keahlian (skill), dan sikap (attitude), sebagai bekal berkarir. [lila]

UNSA Surabaya:

Building Character Qualities: for the Smart, Pious, and Honourable Nation.

LPM UINSA Surabaya:

Prosedural, Quick Respons, Transparan

#BanggaUINSA

#AyoKuliahdiUINSA

#ItsMyDream

#ItsMyDestination

#UINSASurabaya

#UINSAJaya

#UINSAAkreditasiA

#UINSA(1)UniRank

#UINSA(3)Edurank

#UINSAISOCertified