Berita

INI EMPAT KUNCI PENTING ASN MENURUT REKTOR UINSA

UINSA Newsroom, Kamis (16/03/2023); “Ada empat kata kunci penting. As Syakirin, Al Muhlisin, As Shobirin, An Najihin. Tidak ada pekerjaan yang semulia ASN,”

Hal itu disampaikan Rektor UINSA Surabaya pada kesempatan Pengambilan Sumpah Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Kamis, 16 Maret 2023. Pengambilan Sumpah 13 ASN UINSA yang digelar di Ruang Pertemuan Lt. 7 Tower Teungku Ismail Yakub ini sekaligus mengukuhkan 14 Dosen Profesional dan Penyerahan Sertifikat Pendidik Tahun 2022.

13 ASN yang mengucap sumpah jabatan antara lain Ahmad Zaidanil Kamil, M.Ag.; Anis Sukmawati, M.Pd.; Debby Nindya Istiandari, M.E.; Iga Hastanuri Hadi, A..Md.Ak.; Ismatul Khayati, M.E.; Khalimatu Nisa, M.A.; Moh. Bagus, M.H.; Muhammad Nikmal Anas Alhadi, M.A.; Mukhammad Nur Hadi, M.H.; Rudhi Hermanto, A.Md.; Septia Heryanti, S.T., M.T.; Shita Komala Sari, S.H.; dan Siti Kalimah, M.Sy.

Selain itu, 14 Dosen Profesional yang menerima Sertifikat Pendidik, antara lain Yuanita Rachmawati, M.Sc.; Faruq Ibnul Haqi, ST., M.Rg.; Auliya Ridwan, M.Pd.I., MS.; Ridha Amaliyah, S.IP., MBA.; Rizki Rahmadini Nurika, MA.; Dr. Imron Mustofa, SHI., M.Ud.; Ana Toni Roby Candra Yudha, M.SEI.; Dr. Sulanam, M.Pd.; Sufi Ikrima Sa’adah, M.Hum.; Raden Syaifuddin, M.Pd.; Basar Dikuraisyin, M.Pd.; Bakhrul Huda, Lc., MEI.; Dr. Riza Multazam Luthfy, SH., MH.; dan Muhammad Iqbal Surya Pratikto, M.SEI.

Hadir menjadi saksi acara, yakni para Wakil Rektor, Dekan, Plt. Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. Mamat Salamet Burhanudin, M.Ag., Ketua LPM dan LP2M, serta jajaran Koord. dan Kabag pada Biro dan Fakultas.

Rektor dalam pengarahan menyampaikan empat kunci penting bagi ASN, sebagaimana terkandung dalam doa yang disampaikan rohaniawan. Pertama, Assyakirin, atau bersyukur. Yakni pentingnya rasa syukur ASN atas profesi yang dijalani. Mengingat, ASN merupakan profesi yang minim resiko.

“Pandemi boleh mengharu biru, di panggung nasional. Ekonomi terdampak dan seterusnya. Tapi tidak ada ASN yang diberhentikan karena itu,” ujar Rektor, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D.

Kedua, Al Muhlisin, artinya Ikhlas. Menurut Rektor, salah satu tanda profesional adalah menguasai seluruh urusan yang menjadi tanggung jawabnya dan mendapatkan hak dari penunaian tanggungjawab. Rektor mengingatkan, agar tidak ada praktek Rent Seeking maupun koruptif dalam menjalankan tugas dan kewajiban sebagai ASN. “Penting bagi kita untuk mengedepankan prinsip ikhlas dalam profesionalisme. Profesional dalam keikhlasan,” tegas Prof. Muzakki.

Ketiga, As Shobirin, artinya sabar. “Jangan pernah mengeluh pada tugas. Mengeluh itu separuh kegagalan. Separuh sisanya malas,” ujar Prof. Muzakki menjelaskan pentingnya menjalan tugas dan kewajiban dengan penuh kesabaran. Karena tidak ada pencapaian besar tanpa keringat.

Keempat, An Najihin, adalahkesuksesan. Rektor menegaskan bahwa, salah satu tugas utama ASN adalah menjadi pemersatu bangsa. Karenanya, ASN memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi figur panutan bagi masyarakat dan bangsa.

“Jaga marwah pribadi, jaga marwah institusi, jaga marwah sebagai Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia. Karena ini menjadi bagian dari kemuliaan yang diberikan negara untuk kita semua,” tukas Prof. Muzakki. (Nur-Chy/Humas)