Berita

Hermalita Azkiyah Sakhi, mahasiswa semester 4 Program Studi Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel Surabaya, didapuk menjadi salah satu pembicara di webinar nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas HangTuah Surabaya. Webinar yang mengangkat tema “Save The Sea: Ekosistem Terjaga, Laut Bersih, Cuan Ngalir” ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Juli 2021. Webinar ini diikuti lebih dari 300 peserta dari seluruh Indonesia. Peserta webinar tidak hanya dari kalangan mahasiswa, namun juga dihadiri kalangan akademisi dan praktisi serta masyarakat luas yang tertarik dengan tema  yang diangkat pada webinar tersebut.

Hermalita, yang juga akrab dipanggil Mima, mewakili Komunitas Marine Buddies Surabaya. Marine Buddies sendiri merupakan komunitas lingkungan yang bergerak dalam bidang konservasi laut yang dibentuk oleh WWF (World Wide Fund for Nature).  “Kesempatan menjadi pembicara di webinar nasional tersebut merupakan pengalaman yang luar biasa yang saya dapat pada saat menempuh jenjang perkuliahan di semester 4”, ujar Hermalita menceritakan pengalamannya. Hermalita menambahkan bahwa pada webinar tersebut dirinya banyak menjelaskan mengenai pengertian serta manfaat ekosistem laut dimana hal tersebut merupakan pengetahuan yang didapat selama kuliah di Prodi Ilmu Kelautan UIN Sunan Ampel Surabaya. “Hal ini merupakan alasan penting mengapa saya bisa menjabarkan dengan baik mengenai keilmuan bidang kelautan”, jelasnya.     

Ketika ditanya bagaimana bisa menjadi seorang narasumber di sebuah kegiatan nasional pada usia yang dibilang relatif muda, dengan percaya diri Hermalita menjawab melalui membentuk diri yang aktif dalam mengikuti komunitas atau organisasi, baik di dalam maupun di luar kampus. “Terdengar klise, tapi dengan mengikuti organisasi pasti akan sangat berguna di kemudian hari. Saya sendiri sudah membuktikan hal tersebut”, tegas mahasiswa asal Sidoarjo tersebut. “Melalui organisasi kita mampu me-manage diri dan waktu kita untuk mengembangkan kemampuan diri kita. Selain itu, kita juga akan mendapat relasi, pengalaman, ilmu dan segala keuntungan lain yang mungkin tidak didapatkan di perkuliahan”, pungkasnya.