Berita
Batu, Malang — (29/05/2024) Bersambung pada hari berikutnya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bersama Pusat Asesmen Layanan Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PALP UINSA) melanjutkan kegiatan “Profiling Kompetensi Kepala Sekolah SMAN/SMKN/SLBN.” Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah dari berbagai daerah di Jawa Timur, termasuk Sidoarjo, Surabaya, Kediri, Bojonegoro, Gresik, Tuban, dan Malang.

Pada hari kedua, rangkaian tes yang dilaksanakan meliputi Tes Kepribadian, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Interview. Tes Kepribadian ini menjadi agenda awal, dan tepat pada pukul 08:00 WIB tes ini dilaksanakan di Hall Panderman 2 dan 3 yang diikuti oleh seluruh peserta. Tes ini bertujuan untuk memberikan gambaran serta mengungkapkan kebutuhan (need) khusus yang dimiliki oleh masing-masing kepala sekolah.

Agenda dilanjutkan dengan LGD, yang dimana para peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan selanjutnya terlibat bersama dalam diskusi mengenai topik-topik yang diberikan oleh asesor. Agenda ini dirancang untuk menguji kemampuan kritis dan analisa para peserta.

Agenda interview menjadi sesi terakhir dari kegiatan hari ini, masing-masing peserta melaksanakan wawancara individual dengan asesor. Sesi wawancara ini penting sebagai sarana untuk mengumpulkan data komprehensif yang akan melengkapi bahan tindak evaluasi.

Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan evaluasi yang akurat dan komprehensif mengenai kompetensi kepala sekolah di Jawa Timur, sehingga dapat menjadi pendukung peningkatan kualitas pendidikan di tingkat provinsi maupun nasional.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi
Editor: Najwa Laska Halqi