Berita
Batu, Malang — (28/05/2024) Berupaya untuk tingkatkan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bersama Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (PALP UINSA) gelar kegiatan “Profiling Kompetensi Kepala Sekolah SMAN/SMKN/SLBN” pada tanggal 28 hingga 30 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah di seluruh daerah di Provinsi Jawa Timur.

Acara perdana yang juga merupakan tahap pertama ini berlangsung di Royal Orchids Garden Hotel & Condominium, Malang dengan dihadiri oleh 100 peserta dari berbagai daerah seperti Kabupaten Sidoarjo, Kota Surabaya, Kab/Kota Kediri, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Gresik, Kabupaten Tuban, dan Kab/Kota Malang.

Acara ini dibuka secara resmi pada pukul 15:00 WIB. Selanjutnya, pukul 16:00, acara dilanjutkan dengan sesi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Sebagai penutup sesi pembukaan, para peserta diberikan motivasi melalui lagu “You Raise Me Up.”

Sebelum masuk ke serangkaian acara berikutnya, Lucky Abrorry, M.Psi., Psikolog selaku Direktur Utama Pusat Asesmen dan Layanan Psikologi PALP UINSA berkesempatan untuk menyapa dan memberikan pengarahan penting kepada seluruh peserta.

Acara dilanjutkan pada pukul 19:30 WIB hingga 21:00 WIB yaitu sesi tes esai. Tes ini diikuti oleh 100 peserta secara langsung di Hall Panderman 2 dan 3. Pada tes essay ini para peserta diuji untuk memberikan perspektif pengalamannya yang dituangkan dalam beberapa poin soalan esai.

Kegiatan “Profiling Kompetensi Kepala Sekolah SMAN/SMKN/SLBN” ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kompetensi dan kinerja para kepala sekolah di Provinsi Jawa Timur. Dengan evaluasi yang menyeluruh dan mendalam ini, diharapkan dapat tercipta peningkatan standar pendidikan serta pengembangan profesionalisme para kepala sekolah di masa mendatang.

Writer: M. Ata Zaidan Taufiqi