Berita

Tarbiyah dan Keguruan

Wednesday, 17 August 2022

GKM FTK Gerak Cepat Siapkan Instrumen Perencanaan dan Evaluasi Pembelajaran

Menindaklanjuti hasil rapat persiapan penjaminan mutu internal semester gasal 2022/2023 bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Ampel Surabaya tanggal 15 Agustus 2022, Gugus Kendali Mutu (GKM) di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) bergegas menggelar follow up. Bertempat di meeting room FTK UIN Sunan Ampel Surabaya, Selasa 16 Agustus 2022 dilakukan koordinasi GKM guna membahas serta menyiapkan instrumen perencanaan dan evaluasi pembelajaran. Hadir pada pertemuan ini seluruh Ketua dan Sekretaris Jurusan di FTK sekaligus sebagai pengurus GKM, serta didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan.

Prof. Dr. Husniyatus Salamah Zainiyati, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FTK UIN Sunan Ampel Surabaya menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan perkuliahan kita dorong semua dosen agar menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPS) secara baik dan sesuai ketentuan. Karena itu, GKM harus segera menyiapkan format RPS terbaru, intrumen validasi RPS, instrumen validasi penilaian, serta menyusun instrumen monitoring dan evaluasi pembelajaran. “Untuk proses validasi RPS, selain verifikasi kesesuaian format oleh GKM, perlu keterlibatan dosen rumpun ilmu untuk membantu mencermati substansi materi pembelajaran. Nanti fakultas akan memfasilitasi pembentukan dan optimalimasi peran dosen rumpun ilmu tersebut”, tambahnya.

Selain sebagai tanggung jawab masing-masing dosen dalam pemenuhan mutu pembelajaran, RPS juga menjadi salah satu dokumen penting dalam kriteria Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Untuk itu, mulai tahun akademik 2022/2023, dosen wajib menyusun dan mengupload RPS pada aplikasi SINAU (Sistem Informasi Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya) serta divalidasi oleh GKM untuk bisa melakukan transaksi laporan perkuliahan. Sebagaimana kesepakatan rapat, direncanakan dosen bisa upload dokumen RPS mulai tanggal 24 Agustus sampai 4 September 2022, sementara validasi RPS di SINAU tanggal 25 Agustus sampai 4 September 2022. Penyiapan perangkat perencanaan dan evaluasi pembelajaran ini akan dikoordinasikan lebih lanjut pada momen rapat dosen FTK UIN Sunan Ampel Surabaya menjelang perkuliahan.[]