Berita
UINSA Newsroom, Sabtu (22/10/2022); Gema shalawat mengiringi Upacara Peringatan Hari Santri 2022 di UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya pada Sabtu, 22 Oktober 2022. Diikuti perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas serta dosen dan pegawai pada UINSA Surabaya, upacara dilaksanakan di halaman Gedung Twin Towers UINSA Surabaya.
Dalam upacara yang digelar berdasarkan Surat Edaran Kementerian Agama RI Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Santri 2022, para peserta upacara kompak mengenakan baju/gamis dan kerudung putih serta memakai sarung dan kopyah bagi laki-laki. Suasana khidmat pun terasa sejak pagi di Halaman kampus yang berlokasi di Jl. A. Yani No. 117 Surabaya tersebut.



Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama yang juga mengenakan baju putih lengkap dengan sarung dan songkok menjadi inspektur upacara hari santri. Pembukaan pun dilanjutkan dengan pengibaran bendera Merah Putih, serta pembacaan sejarah singkat Hari Santri.
“Untuk mengenang jasa para pahlawan, kita tundukkan kepala kita sembari berdoa bagi para pahlawan agar diberikan tempat yang baik di sisi Allah SWT,” ujar Prof. Zainul Hamdi memimpin doa. Dalam kesempatan tersebut Prof. Zainul Hamdi juga membacakan naskah sambutan Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas.



“Hari Santri 2022, Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan,” ujar Prof. Zainul Hamdi, M.Ag., menutup pembacaan naskah sambutan dari Menteri Agama.
Upacara kemudian berlanjut dengan makan bersama mahasiswa dan dosen serta pemotongan tumpeng yang dilakukan Dekan fakultas. Turut memeriahkan upacara Tim UKM Paduan Suara dan IQMA, dengan senandung lagu Hari Santri dan shalawat bersama. Tak ketinggalan Tim dari UKK Resimen Mahasiswa dan UKM Pramuka selaku Komandan Upacara sekaligus Petugas pengibar bendera. (All/Magang22)