Berita
Pemaparan Profile PTRPP BRIN Playen dilanjut dengan sesi diskusi

 

Kamis, 30 November 2023, Inoverselab Fakultas Sains Teknologi (FST) UINSA melakukan kegiatan Benchmarking ke Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan (PTRPP) Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) ) yang berlokasi di Playen, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini dilakukan dengan target peluang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi mahasiswa FST UINSA. Para perwakilan FST UINSA menyimak dengan seksama terkait Profile dari  PTRPP BRIN Playen. PTRPP BRIN Playen jogja adalah Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan yang berada di bawah Organisasi Riset Pertanian dan Pangan BRIN. Pusat ini berfokus pada bidang riset dan inovasi produk pangan halal, yang bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah dan menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada tahun 2024.

Penyerahan cendera mata oleh FST UINSA kepada PTRPP BRIN Playen

Kegiatan Benchmarking kali ini, Inoverselab FST UINSA bertemu dengan Koordinator Bagian dan Manajemen PRTPP, diantaranya Dr. Nur Alim Bahmid, S.TP., M.Si, Bu Dr. Laila Rahmawati, STP, dan Pak Wahyu Anggo Rizal, S., Sesi berikutnya dilanjutkan dengan diskusi, dan diakhiri visitasi fasilitas laboratorium PTRPP BRIN. BRIN membuka peluang MBKM untuk memfasilitasi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam kegiatan riset dan inovasi nasional. Dengan mengikuti program MBKM di BRIN, mahasiswa dapat meningkatkan kompetensi, kesadaran, dan kreativitas mereka dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

visitasi fasilitas laboratorium PTRPP BRIN

PTRPP BRIN memiliki jalur untuk MBKM hingga penelitian kolaboratif dengan akses melalui elsa (situs oleh BRIN), sehingga memudahkan instansi ketika ingin melakukan koordinasi. “MBKM (dikelola) oleh BRIN pusat, sedangkan PKL dan riset penelitian bisa langsung ke kami tapi harus ada MOU,” terang pak Dr. Nur Alim Bahmid selaku delegasi BRIN.

Asisten Laboratorium FST UINSA antusias mengikuti seluruh rangkaian kunjungan

Dr. Abid Rohman, S.Ag. M.Pd. selaku WD2 FST UINSA menegaskan bahwa tujuan Kunjungan belajar ke PTRPP BRIN Gunung Kidul sebagai upaya untuk percepatan FST menyiapkan Laboratorium Fakultas yg berstandar Nasional sehingga dapat memberikan layanan pendidikan, penelitian dengan maksimal baik untuk civitas akademik UINSA maupun masyarakat umum. Kunjungan juga dalam upaya membuka peluang penguatan implementasi MBKM FST UINSA.

Beragam produk PTRPP BRIN Playen mulai dari Mie Instan hingga GUDEG khas Yogyakarta