Berita

@Psikologi dan Kesehatan

Friday, 4 March 2022

FPK UINSA Selenggarakan Kuliah Tatap Muka Perdana

FPK UINSA Selenggarakan Kuliah Tatap Muka Perdana 

Surabaya – Selasa (2/03/2022), UIN Sunan Ampel Surabaya telah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka atau PTM yang bertempat di Kampus I maupun Kampus II. Untuk Fakultas Psikologi dan Kesehatan, bertempat di Kampus II. Perkuliahan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti pengecekan suhu pada saat masuk gedung. 

Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di UIN Sunan Ampel Surabaya ini dilaksanakan berdasarkan keluaran SE Nomor 342 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan PTM Semester Genap TA 2021/2022.

Pembelajaran Tatap Muka memberikan kesan yang berarti sebagaimana menurut penuturan dari Drs. H. Hamim Rosyidi, M.Si., beliau mengatakan, “Ketika offline, kita dapat membangun hubungan yang harmonis dan humanis dengan mahasiswa. Kita juga dapat membangun empati yang cukup sehingga terpenuhinya building character pada mahasiswa.”

Beliau juga berpesan bahwa Mahasiswa seharusnya tidak hanya membaca atau melihat buku, akan tetapi juga bagaimana dosen dapat menjadi role model dalam menunjukkan kehidupan dalam dunia keprofesian.

Dari pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka ini, Drs. H. Hamim Rosyidi, M.Si. ikut merasa senang karena dapat mengobati rindu dengan mahasiswa setelah sekian lama melaksanakan pembelajaran daring. Selain itu, dari PTM diperoleh kesan bahwa hubungan keempatian antara dosen dan mahasiswa tidak dapat diwakili dikarenakan ketika berada di dalam kelas, dosen dan mahasiswa mampu melakukan sharing sehingga terbentuk keseimbangan masalah dan solusi, membangun nilai psikologis, serta terjalin transfer of knowledge.

Penuturan terkait Pembelajaran Tatap Muka juga diperoleh dari hasil wawancara salah satu mahasiswi Fakultas Psikologi dan Kesehatan, yaitu Dwi Andini Nurul Hamidah. Menurut penuturan Andini, menjalani perkuliahan normal atau tatap muka merupakan impian mahasiswa. Akan tetapi, ada berbagai situasi dan kondisi di luar kendali yang menjadikan impian tersebut sempat tidak sesuai dengan harapan kita. 

Perkuliahan offline merupakan salah satu tantangan bagi mahasiswa untuk beradaptasi dengan banyak hal di lingkungan perkuliahan, mencakup hubungan sosial, kebiasaan, dan lingkungan. Sehingga, ia juga berharap bahwa mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya mampu menjalani Pembelajaran Tatap Muka dengan ikhlas dan kebersyukuran. Serta senantiasa berdoa agar kondisi pandemi segera pulih dan mahasiswa mampu memperoleh ilmu dengan maksimal dan bermanfaat.