Berita
Surabaya — (13/05/2024) Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (FPK UINSA) menerima dan menyambut dengan baik kunjungan dari 150 Mahasiswa Prodi Psikologi Islam jurusan Psikologi dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin dan Dakwah semester 7 dari Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Provinsi Jawa Tengah dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan mereka didampingi oleh 12 dosen pendamping lapangan.

Kegiatan ini dilaksanakan di auditorium FPK lantai 2 dan dimulai pada pukul 14.00 WIB hingga 16.00 WIB. Ruhayati Ramly sebagai Master of Ceremony membuka acara dengan penuh senyuman dan para mahasiswa tersebut mengikuti rangkaian acara dengan penuh antusias. Adapun pihak FPK yang turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dr. phil. Khoirun Niam selaku Dekan FPK, Prof. Rubaidi, M.Ag., selaku Wakil Dekan III, Syafruddin Faisal Thohar, M.Psi. Psikolog, Siti Kamilatus Saidah, M.Psi., serta Rizma Fithri, S.Psi, M.Si.

Setelah pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia dan Bagimu Negeri. Seluruh peserta menyanyikan lagu dengan penuh khidmat. Lalu agenda berikutnya ialah sambutan dari Dekan FPK. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan kunjungan kerja lapangan ini diharapkan bisa menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan kerja sama antara FPK UINSA dengan UIN Raden Mas Said Surakarta.

Tak hanya itu, Dr. Kholilurrahman, M.Si selaku Dekan Fakultas Ushuluddin dan Dakwah UIN Raden Mas Said menyampaikan bahwa, “Kami sangat senang karena FPK UINSA menerima permintaan kunjungan kerja lapangan bagi para mahasiswa semester 7 kami dengan senang hati. Ini merupakan suatu pengalaman yang baru bagi mereka para mahasiswa, juga para dosen pembimbingnya mereka. Saya terus berharap semoga FPK UINSA dan FUD UIN Raden Mas Said Surakarta bisa terus menjalin kerja sama serta silaturahmi yang baik di masa mendatang.” tuturnya.

Berikutnya yakni penandatanganan MOU antara UIN Sunan Ampel Surabaya dengan UIN Raden Mas Said Surakarta, yang ditanda tangani langsung oleh Dekan FPK UINSA dan Dekan FUD UIN Raden Mas Said Surakarta. Hal ini merupakan satu langkah baru yang menunjukkan bahwa UINSA sudah menjalin banyak kerja sama dengan berbagai institusi.

Kegiatan ini bertujuan untuk kuliah kerja lapangan mahasiswa, tentu saja ada kuliah tamu yang disampaikan langsung oleh M. Fahmi Aufar Asyraf, B.Ed. M.A. selaku dosen psikologi FPK. Beliau menyampaikan sedikit materi yang berkaitan dengan psikologi, dan tidak lupa juga diselingi dengan candaan supaya para mahasiswa tidak merasa bosan saat penjelasan materi berlangsung.

Setelah mendengarkan materi, para mahasiswa diajak berkeliling dan melihat layanan fasilitas yang ada di FPK. Dengan didampingi oleh Siti Kamilatus Saidah, M.Psi., dan Rizma Fithri, S.Psi, M.Si, para mahasiswa tentunya dengan semangat mengunjungi berbagai laboratorium dan ruangan observasi yang terletak di lantai 4 dan 5, serta ruangan lab komputer yang terletak di lantai 3 dan mendengarkan penjelasan tentang fungsi-fungsi dari setiap ruangan tersebut.

Puas berkeliling, para mahasiswa diarahkan untuk kembali lagi ke auditorium untuk acara yang terakhir, yakni do’a dan penutup. Prof. Rubaidi, M.Ag., selaku Wakil Dekan III membacakan do’a sekaligus untuk menutup acara pada sore hari itu yang diikuti dengan khusyuk oleh seluruh peserta. Syukur, acara berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Harapannya, acara-acara seperti ini bisa terus disambung hingga di masa yang akan mendatang dan bisa menambah pengalaman serta wawasan bagi para mahasiswa juga tenaga kependidikan.

Writer: Najwa Laska Halqi
Editor: M. Ata Zaidan Taufiqi