Berita

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Tuesday, 3 January 2023

FEBI Raih 3 Penghargaan Sekaligus pada Hari Amal Bhakti ke-77

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya turut berpartisipasi dalam pelaksanaan upacara memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-77 dengan tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya yang berpakaian baju adat nusantara di halaman Twin Tower Kampus Ahmad Yani, Surabaya pada Selasa (03/01/2023).

Upacara yang dipimpin oleh Dr. phil. Khoirun Niam, MA., selaku ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Sunan Ampel Surabaya berlangsung secara khidmat. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan pesan dari Menteri Agama, Bapak Yaqut Cholil Qoumas. Pesan tersebut menitikberatkan mengenai pemilu yang semakin dekat, dan sebagai civitas akademika aparatur sipil negara tentu harus melakukan mitigasi yang matang agar tidak terjadi perpecahan. “Politisasi agama dan ajang kampanye sudah mulai terjadi. Politik seperti itu menjelang pemilu harus dimitigasi agar tidak terjadi perpecahan antar umat.” ujar Khoirun Niam.

Pak Niam sapaan akrab di kampus tersebut pula berpesan bahwa keluarga besar kementerian agama harus terdepan dalam melakukan pembinaan dalam membangun suasana yang rukun dan tentram. “Saya minta sebagai aparatur sipil negara kementerian agama, harus menjadi simbol kerukunan dan bersaudara. Kita harus berada dalam satu barisan untuk kementerian agama yang lebih baik lagi kedepannya.” sambungnya.

Pada rangkaian kegiatan selanjutnya yang sama, seluruh civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya kemudian diarahkan menuju Gedung KH. Saifuddin Zuhri untuk mengikuti anugerah penghargaan dan festival musik dengan tema “The UINSA Early-Year Music Festival: A Moment of Thanksgiving”. Diawali dengan penampilan dari salah satu unit kegiatan mahasiswa yaitu PSM UINSA dan dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng serta penyerahan penghargaan kepada setiap fakultas.

Pada prosesi penganugerahan penghargaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya mendapat 3 (tiga) penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut diantaranya adalah peringkat 2 kategori Inovasi Tata Kelola Layanan, peringkat 3 kategori Kontributor Unit Kerja UPZ Terbanyak, dan peringkat 3 kategori PNBP Fakultas Terbanyak. Kemudian, di penghujung kegiatan ditutup dengan syukuran dan hiburan dari para dosen dan pegawai yang turut memeriahkan kegiatan tersebut. [MFF&MSS]