Berita

Tarbiyah dan Keguruan

Tuesday, 3 January 2023

Peringati Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI Ke-77, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA Raih Lima Anugerah Penghargaan

Selasa, 3 Januari 2023, UIN Sunan Ampel Surabaya memperigati Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag RI ke-77. Peringatan hari kelahiran Kementerian Agama yang dilaksanakan setiap tahun ini menjadi momen bersejarah, tentunya bagi FTK. Pada tahun ini, UINSA memeriahkan momen ini dengan serangkaian kegiatan, termasuk di dalamnya pemberian penghargaan atas prestasi yang telah dicapai oleh tiap-tiap fakultas dan lembaga di lingkungan UIN Sunan Ampel Surabaya. Agenda dimulai dengan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan di halaman depan gedung Twin Tower UINSA Ahmad Yani. Pimpinan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA mulai dari Dekan, Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Koordinator, Subkoordinator, hingga para tenaga kependidikan mengikuti upacara dengan mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Nusantara.

Dalam pidato Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dibacakan inspektur upacara, Dr. Phil. Khoirun Niam, S.Ag, disampaikan bahwa transformasi layanan umat yang dicanangkan pada HAB ke-76 tahun lalu telah mulai terwujud dan tampak hasilnya. Salah satu wujud transformasinya adalah hadirnya Pusaka Super Apps yang menjadi aplikasi berbagai layanan Kemenag. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun politik yang berpotensi menimbulkan ketidakrukunan antar masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda. Oleh karena itu, keluarga besar Kementerian Agama bersama tokoh agama dan masyarakat harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai, agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Usai melaksanakan upacara, kegiatan dilanjutkan di gedung K.H. Saifuddin Zuhri UINSA Ahmad Yani. Acara dimulai dengan pemotongan tumpeng dan dilanjutkan dengan sambutan Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam sambutannya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip.SEA., M.Phil., Ph.D. menyampaikan bahwa pada tahun 2022, UINSA telah meraih banyak prestasi di kancah nasional maupun internasional. Prestasi tersebut menjadi motivasi bagi UINSA untuk terus meningkatkan kualitas dan berupaya untuk mencapai target pada tahun 2023. Lebih lanjut, disampaikan resolusi yang ditargetkan tercapai pada tahun 2023 beberapa diantaranya yaitu, akreditasi Internasional untuk program studi di UINSA, percepatan digitalisasi layanan, serta peningkatan income generating untuk menuju PTN Berbadan Hukum pada tahun 2024 yang akan datang.

UIN Sunan Ampel Surabaya juga memeriahkan HAB ke-77 ini dengan penyerahan anugerah penghargaan dan festival musik dengan tema “The UINSA Early-Year Music Festival: A Moment of Thanks Giving”. Pada agenda tersebut, FTK raih 5 penghargaan sekaligus. Penghargaan tersebut meliputi, Peringkat 1 kategori PNBP Fakultas terbanyak, Peringkat 1 kategori Fakultas dengan Publikasi Terbanyak, Peringkat 1 kategori Kontributor Unit Kerja UPZ Terbanyak, Peringkat 2 kategori Zona Integritas UTK Akuntabilitas Serapan Anggaran Terbaik antar Fakultas, dan Peringkat 3 kategori Pengelola Prodi Terbaik dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Prestasi-prestasi yang diraih FTK tentunya merupakan hasil dari kerja keras, kerja cerdas, dan kerjasama yang baik antar seluruh civitas di lingkungan Fakultas. Dengan penghargaan ini, FTK berupaya untuk terus mempertahankan prestasi yang telah diraih dan terus meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka mewujudkan resolusi UINSA menjadi PTN berbadan hukum dengan layanan yang berbasis digital secara menyeluruh.