Berita

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) menyelenggarakan final lomba Festival Kreasi Mahasiswa dan Dosen 2022 pada Jumat (30/09). Dua lomba tersebut adalah Lomba Band Tingkat Nasional dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat nasional. Pada tahun ini, panitia mengusung tema “Inovasi Dakwah Rahmatan Lil Alamin di Era Society 5.0”.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Band Tingkat Nasional menjadi bagian dari meriahnya festival kali ini. Dua lomba tersebut berlangsung secara blendedonline dan offline. Kedua kompetisi ini berlangsung sejak 30 Agustus dan berakhir pada 30 September 2022. Dari puluhan peserta yang mengikuti, dipilih lima finalis lomba band dan lomba karya tulis ilmiah yang tampil pada 30 September 2022 lalu di Auditorium dan Ruang Sidang Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Acara Final Lomba Band dan LKTI Nasional dibuka dengan sambutan M. Arinal Haq sebagai ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan Sambutan Dekan FDK UINSA, Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I. Dalam sambutannya, dekan FDK berharap festival ini menjadi lahan untuk mengasah kreativitas mahasiswa. “Keberhasilan mahasiswa tidak hanya didapat dari nilai IPK, mungkin di sinilah tempat untuk mencari keberhasilan dalam diri,” lanjut Dr. Moch. Choirul Arif, M.Fil.I.

Pada babak final lomba band, penampilan grand finalis dinilai oleh tiga juri, yaitu Zidan Risky Alwi (ketua UKM Red Band FDK UINSA), Elan Akbar Wahyu Wibisono (vokalis Red Band) dan Cantika Salma (Finalis Rising Star Indonesia 2019). The Project Band menjadi band yang pertama tampil, namun mereka memutuskan untuk tidak hadir dalam semifinal kompetisi kali ini. Penampilan kedua dilanjutkan oleh Dimensi Band dengan membawakan lagu Deen Assalam dan lagu Yang Penting Happy dengan aransemen dan genre lagu khas mereka. Berbeda dengan Dimensi Band, Granat Band tampil dengan ciri khas rock dengan membawakan lagu Lathi dan lagu ciptaan mereka sendiri yang berjudul Say No to Drunk. Yuesby Music dengan ciri khas keroncongnya juga menyanyikan dua lagu pilihan mereka, dan penampilan terakhir ditutup oleh Musdemics Band.

Di waktu yang sama, berlangsung juga babak presentasi lomba karya tulis ilmiah Nasional yang dilaksanakan di ruang sidang FDK UINSA. Final diikuti oleh lima peserta yang sebelumnya telah terpilih dari puluhan peserta yang mengirimkan karyanya. Hadir sebagai juri dalam final LKTI ini Dr. Moh. Anshori, M.Fil.I. (Wakil Dekan 1 FDK UINSA), Dr. Sokhi Huda (Kaprodi KPI UINSA, dan Dra. Psi. Hj.Mierrina, M.Si. (Sekretaris Jurusan Dakwah FDK UINSA). Lima finalis mempresentasikan dan mempertahankan karyanya para di hadapan tiga juri.

Tiba di malam puncak Festival Kreasi Mahasiswa yang menampilkan beberapa UKM Fakultas Dakwah dan Komunikasi, mulai dari penampilan UKM Qosfada, UKM Teater SUA, UKM RedBand dan yang paling ditunggu ialah pengumuman pemenang lomba band dan lomba karya tulis ilmiah Nasional. Juara Lomba Band Tingkat Nasional diraih oleh Granat Band (Juara 1), Yuesby Band (Juara 2), dan Musdemics Band (Juara 3). Sementara juara 1 LKTI diraih oleh tim dari Universitas Airlangga, juara 2 tim dari Prodi BKI UINSA, dan Juara 3 diraih dari tim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UINSA.

“Kami tidak pernah menyangka bisa lolos tahap penilaian dan presentasi hari ini, awalnya kami merasa kurang percaya diri karena banyak peserta yang berasal dari UIN,” ujar Afifah salah satu anggota tim zeligion Universitas Airlangga. (Izam Lisa)